Implementasi Strategi Bauran Produk (Marketing Mix) Pengusaha Sarung Tenun Selama Pandemi Coronavirus Disease 19 (COVID-19) Di Kampung Tenun Kelurahan Tenun Kecamatan Samarinda Seberang. (Studi Kasus Usaha Sarung Tenun di kelurahan tenun Kecamatan Samarinda Seberang)
Abstract
ABSTRAK
SAID AHMAD, NIM : 1731710005, Implementasi Strategi Bauran Produk (Marketing Mix) Pengusaha Sarung Tenun Selama Pandemi Coronavirus Disease 19 (COVID-19) Di Kampung Tenun Kelurahan Tenun Kecamatan Samarinda Seberang. (Studi Kasus Usaha Sarung Tenun di kelurahan tenun Kecamatan Samarinda Seberang). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Moh. Mahrus, M.HI dan Ibu Irma Yuliani, S.E.,M.Si
Latar belakang dari penelitian ini ialah membahas tentang adanya pandemi COVID-19 yang turut mempengaruhi dan berdampak pada usaha sarung tenun sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan pendapatan pengusaha Sarung Tenun di Kampung Tenun Kelurahan Tenun Kecamatan Samarinda Seberang. Dan rumusan masalah dari penelitian ini ialah untuk mengatasi permasalahan kegiatan Usaha Sarung tenun Samarinda selama adanya pandemi COVID-19 dengan menerapkan Strategi bauran produk (marketing mix). Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui konsep strategi pemasaran melalui strategi bauran produk (marketing mix) yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan Pengusaha Sarung Tenun di Kampung Tenun Kelurahan Tenun Kecamatan Samarinda Seberang sebelum dan sesudah adanya pandemi COVID-19
Penelitian ini merupakan penelitian field research digunakan untuk menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang sesuatu yang sedang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pengusaha Sarung Tenun dan Pengrajin Tenun di Kelurahan Tenun Kecamatan Samarinda Seberang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh ialah Peneliti menyimpulkan bahwa ada beberapa pembahasan yaitu Strategi, Realisasi, peluang dan tantangan yang diterapkan oleh Pengusaha Sarung Tenun Kelurahan Tenun Kecamatan Samarinda Seberang yaitu dilandasi dengan memberikan manfaat dan juga penerapan karakteristik pemasaran dan untuk meningkatkan pendapatan menggunakan 4P bauran produk (marketing mix) yaitu product, price, promotion, place
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Usaha Sarung Tenun