dc.description.abstract | ABSTRAK
Ratih Setyaningrum, 2021, “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Busana Muslimah Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSI Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Muhammad Iswadi, M.SI selaku pembimbing pertama dan Ibu Hj. Kokom Komariah, SP.M.Si Selaku pembimbing kedua.
Fashionable adalah model berpakaian seseorang atau sekelompok orang yang secara tidak langsung mengkonstruksi dirinya dengan gaya berpakaian secara modern karena selalu mengikuti trend. Hal inilah yang mendorong mahasiswi untuk mencoba dan membeli berbagai model Busana Muslimah yang sedang trend agar terlihat menarik dan tidak ketinggalan zaman. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan factor psikologi secara parsial berpengaruh terhadap pembelian busana muslimah. Variabel yang paling dominan. Secara simultan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi berpengaruh signifikan terhadap pembelian busana muslimah Mahasiswi Fakultas dan Bisnis Islam UINSI Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 70 responden mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tahun 2018. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuisioner, dokumentasi dan observasi. Model analisis yang digunakan ialah Metode Succesive Interval (MSI), uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji parsial t dan uji simultan F dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan seluruh item pernyataan kusioner dinyatakan valid dan reliable pada uji asumsi klasik, data berdistribusi norma, tidak terjadi multikolinieritas dan heteroskedastisitas, terbebas dari gejala autokolerasi dan bersifat linier.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini Berdasarkan uji parsial diketahui bahwa Variabel Faktor Kebudayaan, Variabel Faktor Sosial, Variabel Faktor Pribadi, dan Variabel Faktor Psikologi berpengaruh terhadap pembelian busana muslimah. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diketahui bahwa Variable Faktor Psikologi mempunyai pengaruh yang dominan terhahap pembelian busana muslimah. Sedangkan hasil uji nilai F hitung>F table dan nilai signifikansi diketahui bahwa Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologi berpengaruh secara simultan terhadap proses keputusan pembelian busana muslimah.
Kata Kunci: Perilaku Konsumsi, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi, Pembelian Busana Muslimah. | en_US |