View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas V di Sekolah Luar Biasa Mutma’innah Pratiwi Kutai Kartanegara

Thumbnail
View/Open
Yuni Rakhmadani.docx (15.68Kb)
Date
2022-05-27
Author
Rakhmadani, Yuni
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Yuni Rakhmadani, 2022. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas V di Sekolah Luar Biasa Mutma’innah Pratiwi Kutai Kartanegara”. Skripsi Jurusan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd, selaku Pembimbing I dan Ibu Lina Revilla Malik, M. Si, selaku Pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung siswa tungrahita ringan kelas V di Sekolah Luar Biasa Mutma’innah Pratiwi Kutai Kartanegara. 75% siswa tunagrahita ringan kelas V belum mampu berhitung dengan baik Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung pada siswa tunagrahita ringan kelas V melalui permainan tradisional congklak di Sekolah Luar Biasa Mutma’innah Pratiwi Kutai Kartanegara. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari prasiklus, siklus I, siklus II yang setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil prasiklus sebelum tindakan ditemukan hanya 25% siswa tunagrahita ringan yang mampu berhitung dengan baik dengan nilai rata- rata kelas 60,75. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan berhitung siswa menjadi 50% dengan nilai rata- rata kelas 80,5. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berhitung siswa sebesar 100% yang dibuktikan dengan perolehan nilai rata- rata kelas 94,5.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1852
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [245]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV