dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Lasman, 2022 “Upaya Meningkatan Profesionalisme Pustakawan di SMA Negeri 4 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.
Profesi pustakawan di SMA Negeri 4 terdapat dua perpustakaan dengan tenaga pustakawan sebanyak empat orang, dan diantaranya terdapat satu kepala perpustakaan. Keempat tenaga pustakawan yang ada bukan dari pustakawan yang terlatih dan tersertifikasi sesuai dengan kompetensinya, sehingga layanan perpustakaan yang seharusnya kurang efektif karena kompetensi yang dimiliki pustakawan di sekolah tersebut terbatas. Oleh karena itu diperlukannya upaya-upaya untuk meningkatkan profesionalisme pustakawan yang ada, baik upaya dari sekolah maupun upaya dari pustakawan itu sendiri dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan profesionalisme pustakawan yang ada di SMA Negeri 4 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengamati dan menggali data secara langsung menggunakan teori Mile dan Humberman terdiri dari teknik pengumpulan data berupa (wawancara narasumber, observasi dan dokumentasi), kondensasi data, penyajian data dan penyimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pihak sekolah maupun dari diri pustakawan itu sendiri. Sekolah telah melakukan evaluasi kinerja secara rutin setiap tri semester, memberikan kesempatan bagi pustakawan yang ada untuk mengikuti pelatihan kepustakaan ataupun diklat walaupun belum diadakan secara rutin, memberikan fasilitas yang menunjang kinerja profesional pustakawan, dan memberikan apresiasi bagi kinerja pustakawan walaupun fasilitas yang ada masih kurang. Kemudian upaya yang telah dilakukan oleh pustakawan dengan mengikuti pelatihan secara mandiri, mengkomunikasikan kendala dalam pelayanan kepada sekolah, memberikan ide inovatif berupa database peminjaman dan pengembalian dalam bentuk excel, memberikan ide untuk membuat kartu bebas pustaka, walaupun begitu belum ada tenaga pustakawan yang mengikuti sertifikasi untuk pustakawan. | en_US |