Pengaruh Diskon dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Grab (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda).
Abstract
ABSTRAK
HANI SAHLAN, 2020 : Pengaruh Diskon dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Grab (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda). Dibawah bimbingan Ibu Hj Norvadewi, M.Ag dan Ibu Tikawati, SE, M.Si
Masyarakat modern saat ini lebih berminat menggunakan teknologi praktis untuk melakukan aktifitasnya seperti penggunaan, membeli produk/jasa dan pembayaran dengan cara online. Disamping itu penyedia aplikasi mobile smartphone menawarkan lebih banyak kemudahan-kemudahan termasuk diskon dan pelayanan yang baik terhadap konsumennya dibandingkan cara-cara konvensional saat ini. Aplikasi layanan mobile smartphone Grab semakin diminati konsumen saat ini. Grab terus meningkatkan kualitas layanan dan teknik promosi diskon harga untuk memenuhi tuntutan pelanggan dan persaingan. Tujuan penelitian ini ialah, Untuk mengetahui pengaruh diskon dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pengguna Grab pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda.
Jenis dari penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda yang merupakan konsumen Grab adalah sebanyak 148 orang. Jumlah sampel sebanyak 60 orang. Teknik penentuan sampel dengan accidental sampling. Data dikumpulkan menggnakan wawancara, dokumen, kuisioner dengan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan Grab pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda. Setiap ada penerapan diskon pada semua jenis layanan Grab akan mempengaruhi keputusan penggunaan Grab sebesar 20.3%. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan Grab pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda. Setiap penurunan atau peningkatan kualitas pelayanan akan mempengaruhi keputusan penggunaan Grab sebesar 71.1%. (3) diskon dan kualitas pelayanan secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 58% terhadap keputusan penggunaan Grab pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda.