Problematika Pelaksanaan Tata Usaha Dalam Pelayanan Administrasi di SMP Negeri 32 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Noer Rofi’eah, 2020. “Problematika Pelaksanaan Tata Usaha Dalam Pelayanan Administrasi di SMP Negeri 32 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penulisan Skripsi ini di bimbingan oleh Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd selaku Pembimbing I, dan Mujahidah, M.Si selaku Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah dalam rangka menunjang proses pelayanan administrasi, dimana proses tersebut dilaksanakan oleh ketatausahaan. Ketatausahaan adalah bagian dari unit pelaksana dan pengelolaan teknis penyelenggaraan sistem administrasi dan informasi pendidikan yang berperan sangat penting sebagai bahan pengambilan keputusan sekolah. Oleh karena itu untuk mengetahui problematika pelaksanaan tata usaha dalam proses pelayanan administrasi maka diperlukan pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawabnya dalam pelaksanaan administrasi ketatausahaan yang terdiri atas administrasi peserta didik dan administrasi kepegawaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika pelaksanaan tata usaha yang difokuskan kepada pelaksanaan pelayanan administrasi ketatausahaan bidang kesiswaan dan kepegawaian, serta untuk mengetahui kendala dan solusi dalam pelayanan administrasi yang ada didalam sekolah tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 32 Samarinda yang berlokasi di Jalan Olah Bebaya, Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan, Sambutan Kota Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dimana sumber data terbagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer terdiri dari kepala sekolah, staf tatausaha, serta dua orang guru, sedangkan sumber data sekunder terdiri dari dokumentasi dilapangan. Pengumpulan data melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan cara yang dikemukakan oleh Sugiyono yang terdiri dari empat cara yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pelaksanaan tata usaha dalam pelayanan administrasi disebabkan karena tidak adanya kepala tata usaha sehingga kurangnya pengawasan yang menyebabkan kurang disiplinnya kehadiran tenaga tata usaha sehingga menyebabkan berkurangnya tanggug jawab atas tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Selain itu problematika juga terjadi karena tidak ada nya pengangkatan pegawai negeri untuk tata usaha sehingga mengurangi profesionalisme pegawai yang ada serta tidak adanya pelatihan mengenai tata usaha yang dilakukan oleh sekolah maupun dari pemerintah sehingga tanaga tata usaha belum sepenuhnya memahami mengenai tugas dan tanggung jawabnya secara penuh, karena selama ini mereka hanya mengandalkan kompetensi yang diperoleh dari jenjang pendidikan yang telah ditempuh. Solusi yang diterapkan sebaiknya kepala sekolah mengadakan pengangkatan pegawai negeri agar motivasi dan kualitas kinerja pegawai dapat ditingkatkan, selain itu sebaiknya kelola sekolah mengadakan pelatihan-pelatihan khusuu untuk membantu mengembangkan kompetensi-komptensi tata usaha agar lebih baik lagi, karena tata usaha merupakan unit terpenting didalam lembaga tersebut sebagai bahan untuk melakukan tindakan dan pengambilan keputusan.