Show simple item record

dc.contributor.authorKlarasati, Dewi Ayu
dc.date.accessioned2022-10-25T05:36:20Z
dc.date.available2022-10-25T05:36:20Z
dc.date.issued2022-10-03
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1912
dc.description.abstractABSTRAK Dewi Ayu Klarasati 2022. Pengaruh Religiusitas, Literasi Halal, dan Promosi Terhadap Minat Menggunaka Shopee Barokah (Studi Kasus Pengguna Shopee di Samarinda). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Akhmad Nur Zaroni, M. Ag dan Fitria Rahmah, SEI.,MA. Kemajuan teknologi membuat adanya internet tidak hanya digunakan untuk komunikasi tetapi digunakan juga untuk berbisnis online dan berbelanja online, dengan menggunakan platform marketplece seperti Shopee. Indonesia sebagai negara dengan jumlah muslim yang besar sehingga konsumen berminat terhadap fashion muslim dan produk halal lainnya. Untuk mendukung hal tersebut diluncurkanlah fitur belanja berbasis syariah yaitu Shopee Barokah, dimana didalam fitur ini terdapat layanan fashion muslim, kosmetik halal, makanan halal serta layanan zakat dan donasi yang dapat digunakan oleh masyarakat muslim. Karena potensi perkembangan e-commerce terutama pada produk-produk syariah masih sangat menjanjikan dan konsep produk halal dapat dijadikan standar untuk sebuah produk pada saat ini. Maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, literasi halal, dan promosi terhadap minat menggunakan fitur Shopee Barokah. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini pengguna Shopee di Samarinda. Teknik pengambilan sampel ialah purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dilaksanakan menggunakan google form lalu disebarkan melalui Whatsapp dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan SmartPLS (Partial Least Square) 3. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa religiusitas dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan Shopee Barokah pada pengguna Shopee di Samarinda. Sedangkan literasi halal tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat menggunakan Shopee Barokah pada pengguna Shopee di Samarinda. Kata Kunci: Religiusitas, Literasi Halal, Promosi, Minat Menggunakanen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectReligiusitas, Literasi Halal, Promosi, Minat Menggunakanen_US
dc.titlePengaruh Religiusitas, Literasi Halal, dan Promosi Terhadap Minat Menggunaka Shopee Barokah (Studi Kasus Pengguna Shopee di Samarinda).en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record