dc.description.abstract | ABSTRAK
LUTHFI CONDRO WASKITO, 2021. ”Manajemen Pembelajaran di Madrasah Diniyyah Takmiliyah Ad-Da’wah Loa Duri Ilir Kabupaten Kutai Kartanegara”. Skripsi, Prodi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Zamroni, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian Manajemen Pembelajaran di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Ad-Da’wah yakni salah satu cara meningkatkan kualitas pemahaman Pendidikan agama adalah dengan mengoptimalkan keberadaan Madrasah Diniyyah Takmiliyah. Madarasah Diniyyah Takmiliyah dalam hal ini berperan untuk menyiapkan manusia yang berilmu sekaligus taat terhadap hukum Allah SWT. Madrasah Diniyyah Takmiliyah Ad-Da’wah merupakan satu-satunya Madrasah Diniyyah yang berada di desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan belajar mengajar di Madrasah Diniyyah Takmiliyah Ad-Da’wah dilakukan pada waktu sore hari, mulai dari pukul 16.00 sampai dengan datangnya waktu Maghrib. Hal tersebut karena pihak Madrasah mewajibkan bagi setiap santrinya untuk melaksanakan sholat Maghrib berjama’ah hingga selesai. Akan ada hukuman atau sanksi bagi santri yang tidak melaksanakan sholat Maghrib berjama’ah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Diniyyah Takmiliyah Ad-Da’wah Loa Duri Ilir Kabupaten Kutai Kartanegara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang diperoleh dianalisa dari Kepala Madrasah dan pendidik. Subjek Penelitiannya adalah Madrasah Diniyyah Takmliyah Ad-Da’wah Loa Duri Ilir Kabupaten Kutai Kartanegara. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisa dengan kondensasi data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Pembelajaran di Madrasah Diniyyah Takmiliyah Ad-Da’wah telah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya penerapan fungsi-fungsi manajemen seperti; perencanaan berupa persiapan pendidik sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan membuat catatan rancangan pembelajaran, pengorganisasian berupa pembagian kelompok oleh pendidik ketika santri membaca Al-Qur’an agar memudahkan dalam megoreksi pembacaan Al-Qur’an yang dilakukan oleh santri, pelaksanaan yakni kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pengontrolan berupa pertemuan antara Kepala Madrasah dan Pendidk yang dilakukan secara rutin setiap dua minggu sekali, untuk mengetahui bagaimana perkembangan santri dalam proses pembelajaran. Evaluasi berupa tes atau pemberian soal-soal latihan setiap akhir bab materi pembelajaran. | en_US |