Show simple item record

dc.contributor.authorRahmat, Rahmat
dc.date.accessioned2022-10-27T00:36:27Z
dc.date.available2022-10-27T00:36:27Z
dc.date.issued2020-09-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1934
dc.description.abstractABSTRAK Rahmat, 2020, “Manajemen Bauran Pemasaran SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bahrani, M.Pd Selaku Pembimbing 1 dan Lina Revilla Malik, M.Si Selaku Pembimbing 2. Manajemen bauran pemasaran (Maketing Mix) adalah strategi sekolah dalam menawarkan jasa pendidikannya kepada pelanggan pendidikan (siswa). Seiring dengan kemajuan teknologi dan dunia pendidikan, maka semakin banyak pula munculnya sekolah-sekolah baru sehingga berdampak pada tingkat persaingan antar sekolah. Semakin tingginya persaingan tingkat pendidikan, sekolah dituntut kreatif dan inovatif mengembangkan jasa pendidikannya agar lebih unggul, yaitu; salah satunya dengan menggunakan starategi bauran pemasaran. SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda yang memiliki keunggulan tahfizd Qur’an, program TIK dan bahasa asing adalah salah satu sekolah yang banyak peminatnya jika dibandingkan dengan sekolah yang ada disekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen bauran pemasaran SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu mendiskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi atau kata-kata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Kependidikan, Pendidik dan Orang Tua Murid. Pengumpulan data dengan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa manajemen bauran pemasaran SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda terdiri dari 7P yaitu.a) product, produk jasa yang ditawarkan adalah lulusan berakhlak dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah, hafalan juz 29-30 dengan lantunan tartil, program TIK, plus bahasa arab dan bahasa inggris.b) Price, harga jasa pendidikan berdasarkan pada biaya kebutuhan operasional sekolah adalah Infaq Pendidikan dengan empat kali pembayaran,SPP perbulan,iuran jamiyyah pertahun dan katering perbulan (tidak wajib).c) Place, berada di lokasi yang strategis, mudah diakses baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum dan dekat dengan pusat kegiatan ekonomi.d) Promotion, promosi yang dilakukan ada dua yakni melalui media cetak brosur, koran, template, sepanduk ,dan media sosial facebook, twitter, instagram, watshap, youtube.e) People, kualifikasi akademik tenaga pendidik dan kependidikan, 1 orang berijazah S2, 28 orang berijazah S1 dan 5 orang berijazah SLTA.f) Physical evidence, sarana-prasarana yang memadai dan menunjang kegiatan proses belajar mengajar.g) Process, pengisian buku animo sekolah, observasi tingkatkemampuan, penyampaian diterima dengan catatan psikolog dan pembayaran pendaftaran. Untuk proses pembelajaran dengan metode ceramah dan tanya jawab yang efektif dengan pedoman kurikulum terstruktur, sapras memadai, pendidik berkompeten dan output lulusan berprestasi.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectManajemen, Bauran, Pemasaranen_US
dc.titleManajemen Bauran Pemasaran SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record