dc.description.abstract | ABSTRAK
Mosy R Arrahmah, 2020 (NIM 15.1130.6040) “Peningkatan HasilBelajar Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Temas Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang”. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Skripsi, Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Zamroni, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini di latar belakangi oleh realita yang terjadi di Sekolah. Pada akhir tahun pelajaran masih juga terdapat 16 dari 32 siswa siswa yang belum dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Mininum (KKM) khususnya pada pembelajaran matematika materi bangun datar. Penyebabnya adalah siswa kesulitan membedakan antar rumus dan unsur yang ada pada bangun datar, kurang percaya diri terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada, serta kurangnya rangsangan guru terhadap siswa untuk menumbuhkan minat anak dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang Samarinda.
Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang Samarinda yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu rubik penilaian hasil tes tertulis, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata siswa pada prasiklus 62,82 persentase ketuntasan 50,00%. Kemudian dilanjutkan siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 65,71 persentase ketuntasan 59,38%. Siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 68,65 persentase ketuntasan 68,75%. Siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata 71,84 persentase ketuntasan 75%. Siklus II pertemuan II, kemampuan siswa meningkat dengan nilai rata-rata 73,84 persentase 87,5%. Sebenarnya jika dilihat dari nilai standar KKM sudah tercapai, namun belum mencapai nilai yang ditargetkan oleh peneliti yaitu 75. Selanjutnya pada kegiatan penyempurnaan pada pembelajaran dilakukan observasi akhir dan kemampuan siswa meningkat menjadi nilai rata-rata 76,34 persentase 90,63%. Dengan demikian, berdasarkan analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika dikelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang, Samarinda. | en_US |