Show simple item record

dc.contributor.authorAmalia, Eli
dc.date.accessioned2022-10-28T06:14:16Z
dc.date.available2022-10-28T06:14:16Z
dc.date.issued2020-08-04
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1942
dc.description.abstractABSTRAK Eli Amalia, .2020. “Pengaruh Penerapan Sistem Full Day School Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Sangatta Utara Kab. Kutai Timur”. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Muchammad Eka Machmud, M.Ag, selaku pembimbing I dan Dr. H. M Kusasi, M.Pd, selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah pada zaman sekarang ini teknologi semakin pesat perkembangannya sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan ini dapat membawa dampak negatif terhadap para pelajar terutama pelajar yang ada di Indonesia. Dengan waktu sekolah yang hanya sampai dengan jam 14.00 maka waktu siswa berada di luar sekolah menjadi lebih banyak dan ini yang menjadi salah satu faktor siswa lebih banyak menghabiskan waktunya hanya dengan bermain media sosial maupun dengan bermain game online, ini yang menjadi keresahan para orang tua karena dengan mereka lebih banyak menggunakan handphone mereka bisa lupa dengan keadaan sekitar bahkan ketika mereka lagi berkumpul dengan keluarga mereka malah lebih asik bermain handphone dari pada bercengkrama dengan keluarganya. Dengan adanya fenomena ini maka pemerintah mengeluarkan kebijakan yang tertuang dalam PerMenDikBud Nomor 23 Tahun 2017 pasal 2 yang berbunyi “Hari sekolah dilaksanakan 8 jam dalam 1 hari atau 40 jam selama 5 hari dalam 1 minggu”. Dengan di keluarkannya permendikbud tersebut maka kegiatan pembelajaran selama 5 hari atau yang biasa disebut full day school telah di tetapkan di Indonesia. Sebagai upaya untuk menjawab hal tersebut maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya dan seberapa besar full day school mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA dan XII IPA. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 87 siswa. Teknik keabsahan data dalam pnelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, observasi dan wawancara, kemudian data di analisis dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, Uji T (Uji Hipotesis) dan Koefisien Determinasi. Hasil dari perhitungan korelasi product moment dalam hal ini diperoleh angka sebesar 0,626, angka tersebut berada pada interval antara 0,60 – 0,799, yaitu “KUAT”. Sedangkan sumbang (koefisien determinasi) variabel X terhadap variabel Y sebesar 39,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Selanjutnya dalam hasil uji t diperoleh t hitung sebesar = 7,403 dan t hitung akan dibandingkan dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 10% dan tingkat derajat kebebasan (df) = n-2 = 87-2= 85, didapatkan t tabel sebesar 1,662. Jika dibandingkan hasil tersebut maka t hitung (7,403) > t tabel (1,662), artinya Ho di tolak dan Hα diterima, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara full day school terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sangatta Utara Kab. Kutai Timur.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPengaruh, Penerapan, Sistem Full Day School, Prestasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Sistem Full Day School Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Sangatta Utara Kab. Kutai Timuren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record