dc.description.abstract | ABSTRAK
Ersa Yulia Cahyani, 2020. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Ash-shobirin Samarinda”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Zamroni, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Juhairiah, M.Pd selaku pembimbing II.
Peran kepala madrasah selaku pemimpin mempunyai peranan yang sangat besar dalam rangka peningkatan mutu seorang guru. sedang guru merupakan salah satu indikator dalam keberhasilan sekolah yang harus dikembangkan secara profesional. dan untuk peningkatan kualitas guru merupakan salah satu kunci memajukan mutu pendidikan, berbagai program harus diadakan untuk menunjang perubahan peningkatan potensi guru seperti kekreativitasan seorang guru yang akan dianggap bermutu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kreativitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Ash-shobirin Samarinda, serta untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi Kepala Madrsah dalam meningkatkan kreativitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Ash-shobirin Samarinda.
Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas, Kepala Madrasah, dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Ash-shobirin Samarinda.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa upaya kepala Sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Ash-shobirin Samarinda adalah sebagai berikut: Pemberian pembinaan dan pengembangan, Pemberian penghargaan, Memberikan kebebasan kepada guru, Memberikan pendamping kepada guru, Kepala Madrasah melakukan supervisi terhadap guru, Menciptakan suasa kerja yang menyenangkan dan penuh kebersamaan, Mengadakan study banding. Adapun kendala yang dihadapi Kepala Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Ash-shobirin Samarinda dalam meningkatkan kreativitas guru adalah: Masih terdapat beberapa guru yang kurang dalam bidang IT, Kurangnya kesadaran dalam hal tanggung jawab, Pemikiran guru yang kurang tepat, Kurangnya kedisiplinan guru, Kurangnya kepedulian guru terhadap kreativitas, Munculnya ide atau gagasan guru yang kurang tepat, Dana yang kurang memadai, serta rendahnya kualifikasi tenaga kependidikan. | en_US |