Show simple item record

dc.contributor.authorIndar Dewi, Indar Dewi
dc.date.accessioned2022-10-30T23:57:51Z
dc.date.available2022-10-30T23:57:51Z
dc.date.issued2021-05-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1946
dc.description.abstractABSTRAK Indar Dewi, 2021. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5Eterhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Muara Jawa Kutai Kartanegara”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Lina Revilla Malik, M.Si dan Bapak Abdul Razak, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya peserta didikyangkurang memahami materi dan konsep secara mendalam, akibatnya pengetahuanyang diterima lemah dan pengetahual awal rendah. Selain itu terdapat pula pesertadidik yang memahami konsep pengerajaan namun lemah pada konsep perkaliandan pembagian dasar. Hal ini dibuktikan dengan nilai harian materi perkalianduabilangan yang hasilnya sudah diketahui menunjukkan presentase peserta didikyang tidak tuntas lebih dari 50% yaitu 54 %. Salah satu penyebabnya adalahgurumenjadi satu-satunya sumber belajar dan dilakukan pembelajaran secarakonvensional dengan metode ceramah dan pemberian tugas saja. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E (engangement, exploration, explanation, elaboration, evaluation) sebagai solusi pembelajaranyang kurang efektif. Model learning cycle 5E ini mampu menanamkan konsep, memberikan pengalaman secara mendalam kepada peserta didik dengancaramelibatkan secara aktif dan mengoptimalkan dirinya tehadap pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Muara Jawa Kutai Kartanegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design, populasi penelitian yaitu seluruhsiswa kelas III MI Al Huda Muara Jawa yaitu sebanyak 75 siswa dan sampel sebanyak 24 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulandatamenggunakan tes dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan uji validitas, uji realibilitas. Teknik analisis data yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Uji statistik yang digunakan untuk membuktikan hipotesis analisis adalah perhitungan manual menggunakan rumus uji-t dan diperkuat oleh uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pre-test post-test setelah diberikannya learning cycle 5E yaitu nilai mean post-test sebesar 84,9317 (terdapat 3 dari 24 peserta didik yang belum tuntas) sedangkan nilai mean pre-test sebesar 56,7254 (terdapat 20 dari 24 peserta didik yang belumtuntas). Berdasarkan uji hipotesis dengan perhitungan manual rumus uji t (t test) diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,025 > 1,714 dan diperkuat oleh uji paired samplet-test menggunakan IBM SPSS diperoleh sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak danHa diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learningcycle5E efektif terhadap hasil belajar matematika kelas III di Madrasah IbtidaiyahAl Huda Muara Jawa Kutai Kartanegara.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectEksperimentasi, Model Pembelajaran, Learning Cycle, Belajar Matematikaen_US
dc.titleEksperimentasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5Eterhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al HudaMuara Jawa Kutai Kartanegaraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record