dc.description.abstract | ABSTRAK
Nurul Fitri, 2020. “Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal Melalui Variabel Iklan Sebagai Moderating (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Parno, S.E., M.Si dan H. Yusran, M.Ag.
Kehalalan merupakan pokok utama bagi umat muslim untuk beribadah agar senantiasa manusia selalu di jalan yang benar, disamping itu kehalalan tertera dalam Al-Quran dan hadist. Demikian juga dengan minat beli konsumen mencoba kosmetik, karena kosmetik telah bergeser dari pelengkap menjadi kebutuhan bagi sebagian kalangan. Tidak jarang, kosmetik menjadi kebutuhan primer dalam belanja bulanan. Produk yang memiliki unsur religious, seperti kosmetik dengan label halal dan kesadaran halal tentu saja membutuhkan selebriti yang memiliki personal dan kesan muslimah yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh label halal, kesadaran halal, dan celebrity endorser terhadap minat beli produk kosmetik halal melalui variabel iklan sebagai moderating .
Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswi FEBI IAIN Samarinda. Teknik pegambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 90 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda dengan metode interaksi atau Moderated Regression Analysis (MRA), uji hipotesis melaui uji-t dan uji-f, uji koefisien determinasi, pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Label Halal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk kosmetik halal, Kesadaran Halal berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk kosmetik halal, Celebrity Endorser tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk kosmetik halal, Iklan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk kosmetik halal, Variabel iklan sebagai moderasi memperlemah hubungan antara label halal terhadap minat beli, Variabel iklan sebagai moderasi memperlemah hubungan antara kesadaran halal terhadap minat beli, Variabel iklan sebagai moderasi memperlemah hubungan antara celebrity endorser terhadap minat beli. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa secara simultan Label Halal, Kesadaran Halal, Celebrity Endorser berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli. Dimana hasil uji nilai R Square sebesar 0,606 menunjukkan bahwa variabel label halal (X1), kesadaran halal (X2), dan celebrity endorser (X3), mampu menjelaskan minat beli (Y) sebesar 60,6%. Sedangkan sisanya sebesar 39,4% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Minat Beli, Label Halal, Kesadaran Halal, Celebrity Endorser, dan Iklan | en_US |