dc.description.abstract | ABSTRAK
Husnul Pauziah, 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Guru MTs Al-Muna Samarinda”, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. M. Kusasi, M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Rumainur, M.Pd.I. selaku pembimbing II.
Skripsi ini di latar belakangi bagaimana cara seorang pemimpin untuk meningkatkan kedisiplinan karyawannya pada suatu lembaga pendidikan. Seorang pemimpin harus memiliki dedikasi dan kedisiplinan yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala sekolah, hal ini dibuktikan dari profil MTs Al-Muna yang didapat oleh peneliti bahwa kepala sekolah yang telah menjabat sejak tahun 2001 hingga sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepemimpinan kepala sekolah di suatu lembaga. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru di MTs Al-Muna Samarinda.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun populasi yang diambil dari penelitian ini ialah seluruh siswa dengan jumlah 71 siswa sedangkan sampel yang diambil sebanyak 54 siswa di MTs Al-Muna Samarinda. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Disini peneliti mengambil siswa kelas VIII dan XI. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Instrumen angket ini bertujuan untuk memperoleh data variabel X (kepemimpinan kepala sekolah) dan data variabel Y (kedisiplinan guru), adapun dokumentasi dan wawancara digunakan untuk menguatkan data penelitian. Hasil pengumpulan data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan persamaan korelasi dan uji t.
Hasil penelitian ini diperoleh dari perhitungan korelasi product moment sebesar 0,756. Berdasarkan tabel interprestasi. Pengaruh tersebut tergolong kuat. Dalam interprestasi terhadap nilai r menunjukkan bahwa jika berada pada interval 0,60-0,799 terdapat korelasi yang kuat (tinggi). Adapun perbandingan rhitung dan rtabel menunjukkan bahwa rhitung= 0,756>rtabel=0,2262 yang menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah (variabel X) dan kedisiplinan guru (variabel Y). Berdasarkan nilai t: diketahui thitung 8.333>ttabel 1.67469 sehingga Ha diterima dengan kata lain variabel ke pemimpinan Kepala Sekolah (X) berpengaruh terhadap variabel Kedisiplinan Guru (Y). Dari uji determinasi ditemukan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru sebesar 56,4%. Ditambahkan hal ini menunjukkan bahwa baik atau buruknya suatu lembaga pendidikan ditentukan dari pihak pimpinannya. | en_US |