Show simple item record

dc.contributor.authorPurwati, Titik
dc.date.accessioned2020-03-25T02:08:29Z
dc.date.available2020-03-25T02:08:29Z
dc.date.issued2018-07-12
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/195
dc.description.abstractABSTRAK Titik Purwati. “Perilaku Belajar Siswa Kelas V Di MI Ma’arif NU 02 Sindangsari Kecamatan Sambutan Kota Samarinda Tahun Pembelajaran 2017-2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI dan Arsinah, S.Ag, M.SI. Latar belakang penelitian ini adalah perilaku Siswa di MI Ma’arif NU 02 Sindangsari dalam kebiasaan belajarnya yang kurang baik dan cenderung monoton, contohnya perilaku siswa dalam bergaul dan saat mengerjakan tugas kelompok, juga pada saat mendapatkan tugas rumah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku belajar siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku belajar siswa kelas V di MI Ma’arif NU 02 Kelurahan Sindangsari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dengan sumber data yaitu guru kelas V, orang tua dan siswa, teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Dan teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku belajar siswa di MI Ma’arif NU 02 Sindangsari terdapat 2 dari 9 aspek yang diteliti yaitu: keterampilan dan Kebiasaan dalam belajar, Keterampilan antara lain: keterampilan siswa untuk menyesuaikan diri dalam belajar, keterampilan siswa dalam bergaul dengan teman-temannya, dan keterampilan siswa dalam menyelesaikan materi pelajaran dengan temannya. Kebiasaan perilaku belajar siswa meliputi: kebiasaan siswa yang mampu menjelaskan kembali materi yang dijelaskan guru, memperhatikan penjelasan guru, serta siswa aktif membuat kelompok belajar bersama teman sesamanya. Faktor yang mempengaruhi antara lain faktor internal yaitu: lingkungan keluarga yang mendukung, suasana keluarga yang harmonis, kebersihan dan kesehatan siswa namun terdapat pula faktor yang menghambatnya seperti: belajar tidak teratur, daya tahan belajar rendah, tidak mempunyai catatan yang lengkap, sering menjiplak pekerjaan teman atau tidak percaya diri dalam mengerjakan tugas, tidak membuat ringkasan materi pelajaran yang memadai, sering datang terlambat ke sekolah, melakukan hal-hal yang merusak pelajaran. Faktor Eksternal yaitu: waktu belajar menjelang ulangan atau ujian, lingkungan (keluarga, teman, kurangnya guru dalam pengolahan kelas, sekolahan yang bising dikarenakan adanya pembangunan gedung).en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPERILAKU BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePerilaku Belajar Siswa Kelas V Di MI Ma’arif NU 02 Sindangsari Kecamatan Sambutan Kota Samarinda Tahun Pembelajaran 2017-2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record