dc.description.abstract | ABSTRAK
Nisa Istiqomah, 2020. “Analisis Pelayanan pada Toko Rabbani Samarinda Ditinjau dari Etika Bisnis Islam”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Darmawati M.Hum dan Bapak H. Yusran M.Ag.
Saat ini toko busana muslim sedang berkembang, maka persaingan antar toko juga meningkat, sehingga pelanggan sulit untuk loyal. Maka pelaku toko busana muslim perlu memberikan kepuasaan pelanggan dengan pelayanan ditinjau dari etika bisnis Islam. Toko Rabbani merupakan salah satu toko busana muslim yang ada di Samarinda. Nama toko Rabbani memiliki arti pengabdi Allah SWT yang mau mengajarkan dan diajarkan kitab Allah SWT dan memiliki visi untuk berjumpa Allah SWT di surga. Hal ini, menunjukkan bahwa toko Rabbani tidak hanya mencari keuntungan semata tetapi juga mencari keridhaan Allah SWT dalam menjalankan bisnis, sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian di toko Rabbani Samarinda. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pelayanan karyawan toko Rabbani Samarinda kepada konsumen dan untuk mengetahui tinjauan etika bisnis Islam terhadap pelayanan toko Rabbani Samarinda kepada konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada karyawan dan konsumen toko Rabbani Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan dan mengklasifikasikan fakta dari fenomena yang ada secara cermat dan tidak mengandalkan bukti logika matematis, prinsip angka atau metode statistik.
Berdasarkan hasil penelitian dan observasi ditemukan bahwa karyawan toko Rabbani Samarinda menerapkan dimensi pelayanan yaitu responsiveness dalam memberikan pelayanan secara cepat dan tepat, reliability dalam pengetahuan terhadap bidang pekerjaannya, assurance untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap pelanggan, empathy terhadap memahami atas keinginan pelanggan dan tangible kemampuan memberikan fasilitas secara langsung terhadap pelanggan. Dalam tinjauan etika bisnis Islam karyawan di toko Rabbani Samarinda menerapkan unsur-unsur etika bisnis Islam yaitu unsur keadilan dalam melayani dengan tidak membedakan pelanggan, unsur tauhid dengan tidak melakukan kecurangan, unsur kehendak bebas dengan memberikan keputusan penuh kepada pelanggan dan unsur tanggung jawab jika terdapat masalah antara pelanggan dengan karyawan. | en_US |