Efektifitas media benda konkret terhadap kemampuan berhitung bilangan pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Darul Fata Loa Bakung Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018
Abstract
ABSTRAK
Galuh Rahayu. “Efektifitas media benda konkret terhadap kemampuan berhitung bilangan pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Darul Fata Loa Bakung Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018”. Di bawah bimbingan Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku pembimbing I dan Siti Nasiah, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini adalah metode pembelajaran pada materi sebelumnya kurang tepat sehingga sebanyak 76% atau 19 siswa kategori nilai cukup, dan kurangnya pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar media benda konkret efektif terhadap kemampuan berhitung pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Darul Fata Loa Bakung Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018 sehingga nantinya dapat meningkatkan belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Darul Fata Loa Bakung Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018. Siswa diberi tes berupa soal pretest dan soal posttest dengan menggunakan instrument yang telah diuji validitas, dan reliabilitasnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dengan mengunakan uji t sampel berpasangan (paired samples t test).
Hasil penelitian menunjukkan media benda konkret efektif terhadap kemampuan berhitung bilangan pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Darul Fata Loa Bakung Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018. Hal ini di buktikan dengan kemampuan posttes mengalami peningkatan dari hasil kemampuan pretest, yaitu dari rata-rata pretest 31,48 meningkat menjadi 76,32. Hasil kemanpuan belajar matematika siswa bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika Sekolah Dasar Islam Darul Fata sebesar 76,32 lebih dari nilai rata-rata yaitu 70, Hasil kemampuan tiap siswa yaitu 2 siswa predikat A (sangat baik), sebanyak 7 siswa dengan predikat B (baik), sebanyak 16 siswa dengan predikat C (cukup), dan ketuntasan secara klasikal sebesar 100% lebih dari (80%) yang telah ditentukan. Hasil observasi pembelajaran pada saat mengunakan benda konkret yaitu untuk perhatian siswa kategori baik, keahtifan siswa kategori baik, kerja sama siswa kategori cukup, ketepatan siswa kategori baik dan presentasi siswa kategori cukup. Sebelum data diuji statistik data penelitian bersifat normal dan homogen. Berdasarkan Hasil uji statistik dengan mengunakan uji t sampel berpasangan (paired samples t test) diperoleh probabilitas (sig.) yaitu 0,000 < 0,05. Pada hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media benda konkret efektif terhadap kemampuan berhitung bilangan pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Darul Fata Loa Bakung Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018.