Show simple item record

dc.contributor.authorPratama, Saiful
dc.date.accessioned2022-11-09T06:33:39Z
dc.date.available2022-11-09T06:33:39Z
dc.date.issued2020-08-05
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1992
dc.description.abstractABSTRAK Saiful Pratama (1621407014), “Kesadaran Hukum Konsumen Terhadap Hak-Haknya Pada Undian Berhadiah Teh Gelas Di Kecamatan Samarinda Seberang”. Skripsi Jurusan Muamalah, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Pembimbing I Bapak Alfitri, M. Ag., LL.M., Ph. D dan Pembimbing II Bapak H. Aulia Rachman, Lc., M.H. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena banyaknya cara yang dilakukan pelaku usaha untuk menarik simpati dari konsumen dengan cara menawarkan produk serta undian berhadiah. Adapun pada program undian berhadiah pada teh gelas yang dipromosikan melalui iklan mengajak konsumen untuk membelinya. Masyarakat khususnya di wilayah kecamatan samarinda seberang sangat antusias apabila ada undian berhadiah, hal ini yang membuat tingkat kesadaran hukum sebagai konsumen sangat diperlukan agar dapat memperhatikan hak-haknya sebagai konsumen agar tidak merasa digurikan. Penelitian ini membahas tentang kesadaran hukum konsumen terhadap hak-haknya dan perlindungan hak-hak konsumen pada undian berhadiah teh gelas di kecamatan samarinda seberang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesadaran hukum konsumen terhadap hak-haknya dan perlindungan hak-hak konsumen pada undian berhadiah teh gelas di kecamatan samarinda seberang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif analitis dengan menggunakan metode pengumpulan data kualitatif. Penelitian ini juga termasuk ke dalam penelitian hukum empiris karena menganalisa kesadaran hukum konsumen terhadap hak-haknya yang telah dilindungi oleh hukum, kemudian peneliti melakukan wawancara langsung kepada 30 konsumen teh gelas di kecamatan samarinda seberang. Adapun analisisnya dari 30 konsumen yang diteliti terdapat 1 konsumen saja yang sadar dan sisanya 29 konsumen teh gelas tidak sadar. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa konsumen banyak yang tidak menyadari hak-hak sebagai konsumen: (1) kesadaran hukum pada konsumen masih rendah karena kurangnya pengetahuan dari konsumen dalam mencari informasi tentang perlindungan konsumen dan hak-haknya sebagai konsumen pada undian berhadiah teh gelas yang menjadikan adanya kerugian yang didapatkan oleh konsumen. (2) dengan adanya perlindungan konsumen membuat konsumen akan mendapatkan jaminan guna untuk melindungi hak-haknya sebagai konsumen. adapun perlindungannya karena terdapat dijelaskan tata cara pencairan da nada kontak masuk dicantumkan. Akan tetapi pada undian berhadiah pada teh gelas yang berlangsung ini belum ada kasus yang diterjadi di Samarinda Seberang.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectHukum Konsumen, Hak-Haknya, Undian Berhadiahen_US
dc.titleKesadaran Hukum Konsumen Terhadap Hak-Haknya Pada Undian Berhadiah Teh Gelas Di Kecamatan Samarinda Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record