dc.description.abstract | ABSTRAK
Abdul Rahman, 2021. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Pengelolaan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M.Pd dan Siti Nor Asiah, M.Pd
Latar belakang dari penelitian ini yaitu adanya pengelolaan mutu pendidikan yang baik, merupakan harapan setiap satuan pendidikan, namun kehawatiran dalam pengelolaan mutu pendidikan selalu ada, baik itu datang dari internal ataupun ekternal satuan pendidikan itu sendiri. Begitupun yang ada di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. kekhawatiran terhadap pengelolaan mutu pendidikan dilihat dari segi Pendidik dan kependidikannya serta sarana prasarana yang dimilki masih perlu untuk ditingkatkan demi meningkatkan pengelolaan mutu pendidikan. Melihat hal tersebut tentu strategi kepala sekolah dalam meningkatkan pengelolaan mutu pendidikan sangatlah penting, atas dasar itulah penelitian ini dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan pengelolaan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan pengelolaan mutu pendidikan di madrasah tsanawiyah negeri samarinda.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pengelolaan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda, dimulai dari aspek input yaitu strategi prekrutan tenaga pendidik dengan memilih tenaga yang sesuai dengan disiplin ilmu yang memenuhi kualifikasi dan strategi pengadaan sarana prasarana dengan menganggarkan dan memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting, strategi pengembangan SDM (Pendidik dan Kependidikan) dengan mengadakan pelatihan, workshop bagi pendidik dan kependidikan, serta strategi pengelolaan sarana prasarana pendidikan. Namun yang menjadi starategi prioritas kepala madrasah yakni pengembangan Sumber Daya Manusia (pendidik dan kependidikan) yang ada di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. | en_US |