Show simple item record

dc.contributor.authorErwin, Erwin
dc.date.accessioned2022-11-14T07:01:39Z
dc.date.available2022-11-14T07:01:39Z
dc.date.issued2021-08-26
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2018
dc.description.abstractABSTRAK Erwin, 2021. “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M.Pd dan Marniati Kadir, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi awal yang dilakukan penliti, kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan berbagai macam media, salah satunya media audio visual yang digunakan pada proses pembelajaran. Untuk media audio visual, belum di ketahui seberapa besar pengaruh terhadap proses pembelajaran, terutama di kelas IV. Dari sinilah peneliti memiliki inisatif untuk melihat seberapa besar pengaruh media audio visual ini, dengan melakukan penelitian. Terutama dalam memotivasi belajar siswa di dalam kelas. Kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran juga lebih banyak merujuk pada buku paket, tentu saja membuat siswa belum sepenuhnya mengerti tentang materi yang disampaikan oleh guru dengan baik. Hal ini belum memberikan kesempatan pada siswa dalam memahami inti materi dan kebermaknaan dari sebuah pembelajaran, sehingga berpengaruh bagi motivasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif ex post facto. Sampel dalam penelitian ini, peneliti mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel, yaitu sebanyak 50 siswa yang terbagi menjadi dua kelas sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Instrumen angket digunakan untuk memperoleh data dari setiap variabel, instrumen dokumentasi digunakan untuk megumpulkan dan menguatkan data penelitian. Hasil dari pengumpulan data tersebut di analisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana, korelasi Product Moment, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah media audio visual berpengaruh terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan uji hasil dari korelasi product moment sebesar 0,702, yang berdasarkan tabel interprestasi nilai r menunjukkan angka tersebut berada pada skala antara 0,700 – 0,900 yang berarti korelasi antara media audio visual terhadap motivasi belajar IPA di SD Islam AlAzhar 47 Samarinda tergolong kuat. Adapun hasil dari hasil uji t dengan taraf signifikasi 0,05, didapatkan hasil sig. 2(tailed) 0,000, yang hasilnya < 0,05. Sehingga demikian variabel X (media audio visual) berpengaruh terhadap variable Y (motivasi belajar IPA), dapat juga dilihat dari hasil thitung > ttabel yaitu 6.828 > 1.708 yang artinya variabel X (media audio visual) berpengaruh terhadap variable Y (motivasi belajar IPA). Nilai R Square (koefisien determinasi) menunjukan 0,593, dalam nilai interpretasi berada pada skala 0,400-0,700, yang artinya pengaruh antara media audio visual pada motivasi belajar IPA terdapat pengaruh yang cukup. Selanjutnya untuk perhitungan koefesien determinasi maka media audio visual memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 59,3%.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Audio Visual, Motivasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record