dc.description.abstract | ABSTRAK
Hendriani 2022. “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah DDI Tani Aman Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dari banyaknya faktor yang pengaruhi motivasi belajar yang salah satunya ialah pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas ialah keterampilan guru dalam mengelola kelas sebab dengan pengelolaan yang baik dapat mengurangi terjadinya kebosanan, gangguan, serta melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga akan muncul semangat untuk belajar. Tetapi pengelolaan kelas tidak lepas dari pengaturan fisik yang berisi fasilitas yang memadai peran guru menggunakan fasilitas yang telah tersedia di kelas dengan semaksimal mungkin oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah DDI Tani Aman Samarinda.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelas VA berjumlah 38 siswa, VB berjumlah 37 siswa dan VC berjumlah 27 siswa yang berjumlah keseluruhan 102 siswa, menentukan sampel menggunakan teknik purposive stratified sampling maka sampel digunakan adalah kelas VA dengan jumlah 38. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi serta dokumentasi. Teknik uji coba instrumen terdiri dari dua yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan uji hipotesis yang didalamnya terdapat uji product moment dan uji t, yang terakhir adalah uji koefisien determinasi
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh singnifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah DDI Tani Aman Samarinda sebesar 0,732. Bila dikonsultasikan dengan table interpretasi r berada pada 0.70-0.90 berarti berada dikategori kuat. Sedangkan hipotesis untuk menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, yang diperoleh hasil thitung>ttabel (6,452>1,688) artinya Ha diterima dan H0 ditolak sehingga hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah DDI Tani Aman Samarinda. Untuk hasil koefisien determinasi sebesar 0,536 atau 53,6% dan sisanya 46,4% ditentukan oleh variabel dan faktor lain. Untuk faktor lain berkemungkinan karena penerapa memberikan hadiah tidak bisa dilakukan secara terus menerus ditakutkan timbulnya kehirian pada diri siswa, dan masih ada beberapa siswa yang sangat pendiam dan masih mencari cara agak membangkitkan kepercayadiriannya dan motivasi belajarnya. Selanjutnya hasil perindikator kedua variabel pengelolaan kelas apsek yang berpengaruh terdapat motivasi belajar adalah aspek pengelolaan fasilitas dengan presentase 84,31% kategori sangat tinggi, dan motivasi belajar yang dipengaruhi ialah motivasi intrinsik dengan presentase 83,02% kategori tinggi. | en_US |