dc.description.abstract | ABSTRAK
Rafidatul Azizah, 2022. “Pengaruh Media Visual Scrafbook Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetauan Alam Materi Bagian dan Fungsi Tumbuhan pada peserta didik Kelas IV MI Sullamul Hidayah Samarinda””. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd selaku pembimbing I dan Amalia Nur Aini, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPA yang masih rendah. Dapat dilihat dari cara peserta didik menjawab soal yaitu apabila guru memberikan latihan soal masih banyak siswa yang belum memahami apa maksud dari soal-soal tersebut. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam mengajar seperti metode ceramah tanpa melibatkan peserta didik, memberikan latihan soal dengan pertanyaan tidak terbuka, serta tidak menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dan mudah merasa bosan sehingga hasil belajarpun menjadi rendah. Maka media pembelajaran Scrafbook perlu diterapkan dalam proses pembelajaran agar membuat peserta didik tergali potensinya dan dapat meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran serta membuat peserta didik tertarik dengan media yang dibawakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual scrafbook terhadap hasil belajar IPA pada materi bagian-bagian dan fungsi tumbuhan pada peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Experiment dengan designs Intact-Group Comparison. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 52 peserta didik yang ada di kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yang digunakan yaitu dokumentasi, dan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan N-Gain, uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji Indepentent T Test.
Berdasarkan dari hasil pembahasan maka, hasil data analisis menunjukkan bahwa data telah dinyatakan berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan uji parametik dengan menggunakan analisis Independent T Test yang telah menghasilkan bahwa Ha diterima dengan nilai 0,001 < 0,05 karena terdapat perbedaan nilai gainscore dengan peserta didik yang tidak diberi perlakuan. Nilai gainscore pada kelas eksperimen 64,00 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang mendapatkan nilai 32,12 yang berarti nilai pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Berdasarkan dari hasil tersebut, maka dapat disimpulakan bahwa ada pengaruh penggunaan media visual scrafbook terhadap hasil belajar Ilmu Pengtahun Alam pada peserta didik kelas IV MI Sullamul Hidayah Samarinda.
Kata kunci : Media Visual Scrafbook, Hasil Belajar IPA | en_US |