dc.description.abstract | ABSTRAK
Pramida Soraya, 2022. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VI SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Dr. Lina Revilla Malik, M.Si dan Siti Nasiah, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda pada mata pelajaran IPA hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dan belum pernah menggunakan media pembelajaran aplikasi wordwall, sehingga berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dimana siswa masih banyak yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA materi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan dengan persentase hasil belajar yaitu 50% atau 15 siswa dengan nilai tidak tuntas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui media penggunaan aplikasi wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas VI SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VI SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design, yaitu untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan menggunakan media aplikasi wordwall dan kelas kontrol dengan metode konvesional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Teknik pengujian keabsahan data dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, taraf kesukaran soal, dan daya pembeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar IPA metode media aplikasi wordwall lebih tinggi daripada nilai hasil belajar IPA metode pembelajaran konvesional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai rata-rata tes awal kelompok eksperimen adalah 53,53 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 81,35. Sedangkan nilai rata-rata tes awal kelompok kontrol adalah 52,67 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 79,20. Hasil uji normalitas pada hasil pretest kelompok eksperimen memiliki taraf signifikan sebesar 0,200 dan hasil posttest memiliki taraf signifikan sebesar 0,024. Sedangkan hasil pretest kelompok kontrol memiliki taraf signifikan sebesar 0,174 dan hasil posttest memiliki taraf signifikan sebesar 0,055. Hasil rekapitulasi uji homogenitas hasil belajar IPA pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikan sebesar 0,523. Hasil posttest uji independent t-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki nilai signifikan 0,000 > 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media aplikasi wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. | en_US |