Show simple item record

dc.contributor.authorMaharani, Izdihar
dc.date.accessioned2022-11-29T01:57:18Z
dc.date.available2022-11-29T01:57:18Z
dc.date.issued2022-09-14
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2101
dc.description.abstractABSTRAK Izdihar Maharani, 2022. “Peran Kepemimpinan dan Motivasi Dalam Meningkatkan Etos Kerja Islami Karyawan (Studi Kasus Warung Banjar Sari Samarinda)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iswadi, M.SI dan Bapak Nur Rahmatullah, M.S.A. Seiring dengan perkembangan dunia bisnis di era modern tentu peran kepemimpinan sangat mempengaruhi karyawan dalam bekerja baik dari pemberian motivasi atau menggerakkan karyawannya untuk bekerja sesuai dengan arahannya sehingga kesuksesan karyawan tergantung bagaimana kualitas pemimpin tersebut. Sebagaimana pada Warung Banjar Sari ini dimana karyawan yang bekerja di sini kurang memiliki motivasi dalam bekerja sehingga tujuan penelitian ini ingin mengetahui peran kepemimpinan dan motivasi dalam meningkatkan etos kerja Islami karyawan pada Warung Banjar Sari Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah informan sebanyak 11 orang di Warung Banjar Sari Samarinda yang terdiri dari pemilik, karyawan dan konsumen. Penelitian ini menggunakan beberapa uji keabsahan data yang terdiri dari uji derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Huberman dalam bukunya yang berjudul Qualitatif Data Analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data kemudian penarikan simpulan. Pimpinan Warung Banjar Sari Samarinda mempunyai kesadaran akan arah dan tujuan, selalu memberikan yang terbaik, bersikap ramah dan bersimpati kepada karyawannya serta memiliki sikap integritas. Gaya kepemimpinan yang ada di Warung Banjar Sari Samarinda yaitu kepemimpinan Demokratis dan kepemimpinan Transaksional. Fokus dan motivasi utama karyawan dalam bekerja hanya sebatas penghasilan saja sehingga apabila hal itu dirasa kurang maka menurunkan semangat bekerja mereka. Dibeberapa kondisi karyawan terlambat hadir, tidak hadir bahkan tidak izin dikarenakan ada urusan keluarga, hujan atau anak yang sakit. Sehingga karyawan tidak mengedepankan sikap professional dan kesungguhan dalam bekerja karena tidak bisa memilah urusan pribadi dan pekerjaan. Peran kepemimpinan pada Warung Banjar Sari Samarinda mampu meningkatkan etos kerja Islami karyawan yaitu Al-Itqan berarti bersunggug-sungguh, Al-Mujahadah berarti kerja keras dan optimal serta Tanafus dan Taawun berarti kerja sama dalam tujuan usaha. Peran motivasi pada Warung Banjar Sari Samarinda kurang mampu meningkatkan etos kerja Islami karyawan, sehingga tidak sesuai dengan etos kerja Islami karyawan yaitu As-Shalah berarti niat utama pekerjaan karena Allah SWT dan menaikkan derajat individu. Dan Al-Ihsan berarti bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya dan memiliki kesadaran bahwa semua itu dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT. Kata Kunci: Peran, Kepemimpinan, Motivasi, Etos Kerja Islamien_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPeran, Kepemimpinan, Motivasi, Etos Kerja Islamien_US
dc.titlePeran Kepemimpinan dan Motivasi Dalam Meningkatkan Etos Kerja Islami Karyawan (Studi Kasus Warung Banjar Sari Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record