dc.description.abstract | ABSTRAK
Annisa Wahyuliyanti, “Standarisasi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas IslamNegeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dr. Hj. Ity Rukiyah, M.Si dan bapak Misbahul Fuad, M.Pd.I.
Salah satu sarana pendidikan yang sangat penting dalam menyelenggaraan pendidikan dan pengajaran adalah perpustakaan. Dimana kegiatan perpustakaan yang baik tentu ada suatu aturan dengan pelaksanaan yang konsisten yang akan menghasilkan kesuksesan, oleh karena itu standarisasi nasional perpustakaan ini sangatlah berguna sebagai acuan dalam menyelenggarakan perpustakaan yang berkualitas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana standarisasi perpustakaan perguruan tinggi di universitas islam negeri sultan aji muhammad idris (UINSI) Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh ialah dari pimpinan, staf dan pustakawan perpustakaan UINSI Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dan untuk teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode
Hasil penelitian dari standarisasi nasional perpustakaan perguruan tinggi nomor 13 tahun 2017 pasal 3 adalah secara keseluruhan perpustakaan UINSI Samarinda ini sudah memenuhi standar, tetapi masih banyak yang perludi upayakan dalam melengkapi kekurangan yang ada pada beberapa aspek yan belum sepenuhnya memenuhi standar seperti luas ukuran gedung yang sesuai standar adalah 4.769,5m2 tetapi perpustakaan UINSI hanya berukuran 3.536m2, jam pelayanan yang sesuai standar ialah 54 jam perminggu tetapi perpustakaan UINSI hanya 45 jam perminggu, jumlah staf yang belum memenuhi standar untuk kualifikasi pendidikannya, dan juga untuk anggaran yang dialokasikan untuk pengelolaan perpustakaan seharusnya 5% tetapi perpustakaan masih belum sesuai dengan standar yang ada. Untuk aspek standar koleksi perpustakaan dalam jumlah, jenis dan pengolahan koleksi sudah sesuai dengan standar yang ada hanya dalam penambahan koleksi masih belum sesuai dengan standar. Untuk aspek standar sarana dan prasarana dalam komposisi ruang dan pengendalian kondisi ruangan seperti pencahayaan, kelembaban dan temperatur suhu, sarana dan prasarana, lokasi perpustakaan sudah sesuai dengan standar yang ada. Untuk aspek standar pelayanan dalam jenis-jenis pelayanan ini sudah sesuai dengan standar yang ada. Untuk aspek standar tenaga perpustakaan belum sesuai dengan standar yang ada. Dan untuk aspek standar penyelenggaraan dan standar pengelolaan sudah sesuai standar yang ada kecuali dalam standar anggaran perpustakaan. | en_US |