Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Ecommerce Bebaya Mart Kota Samarinda Kalimantan Timur
Abstract
ABSTRAK
Nurhikmatul Karham, 2022. “Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Ecommerce Bebaya Mart Kota Samarinda Kalimantan Timur. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Tikawati, S.E., M.Si dan Ahmad Syarif, S.E.I., M.Sc.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan e-commerce pada Bebaya Mart dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penerapan atau pelaksanaan e-commerce di Bebaya Mart apakah sesuai atau tidak sesuai. Bebaya Mart merupakan aplikasi marketplace Pemerintah Kota Samarinda yang menjualkan berbagai macam produk UMKM Kota Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan e-commerce pada Bebaya Mart dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penerapan atau pelaksanaan di Bebaya Mart.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi kepada 10 informan yaitu admin aplikasi Bebaya Mart, penjual yang bergabung di Bebaya Mart, dan pengguna aplikasi Bebaya Mart. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan metode triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, diketahui bahwa pelaksanaan ecommerce pada Bebaya Mart telah sesuai dengan empat komponen yang diperlukan dalam transaksi online. Tinjauan etika bisnis Islam terhadap penerapan atau pelaksanaan e-commerce di Bebaya Mart menunjukkan bahwa nilai-nilai etika bisnis Islam pada tauhid sebagian besar menerapkannya karena dua dari empat penjual masih memperoleh keuntungan semata dengan alasan keberlangsung hidup saja. Namun produk dijual secara halal, penjual tidak pernah melakukan tindakan kecurangan kepada konsumen. Admin Bebaya Mart tidak mendapatkan perolehan keuntungan apapun dari penjual dan pembeli. Keseimbangan sudah menerapkannya mulai dari segi harga, kualitas produk, hingga penjual memperlakukan konsumen dengan sama. Kehendak bebas sudah menerapkannya yaitu admin Bebaya Mart memperhatikan hak penjual dan pembeli, penjual memberikan hak kebebasan konsumen. Pertanggung jawaban sebagian besar menerapkannya karena belum terdapat sistem penilaian atau rating di dalam aplikasi Bebaya Mart. Namun admin Bebaya Mart selalu mendengarkan keluh kesah pengguna dan penjual. Penjual bertanggung jawab segala informasi yang diberikannya seperti kualitas produk hingga pengantaran barang. Penjual pun bertanggung jawab jika pembeli atau konsumen mengajukan komplen. Dan kebenaran, kejujuran belum menerapkan nilai kebenaran, kejujuran dikarenakan terdapat beberapa postingan gambar yang ditampilkan masih diedit, terdapat salah satu penjual belum menampilkan spesifikasi produk, dan pihak aplikasi Bebaya Mart belum mensosialisasikan terhadap timbangan atau takaran.