dc.description.abstract | ABSTRAK
Lusiyana Afifah, 2022 “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar Siswa di SMA Negeri 8 Samarinda” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Wahdatun Nisa, M.A selaku pembimbing I dan Nur Syamsi, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah perpustakaan di SMA Negeri 8 Samarinda merupakan perpustakaan yang memiliki fasilitas yang cukup memadai dan fasilitas bahan koleksi yang lengkap, serta keunggulan dalam bidang SDM yaitu petugas perpustakaan adalah petugas yang sesuai dengan lulusan pustakawan. Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan fungsi edukatif, fungsi informatif, fungsi rekreatif, dan fungsi tanggung jawab dan administrasi di perpustakaan SMA Negeri 8 Samarinda, dan menjadikan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar siswa dalam proses pembelajaran di sekolah.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian yaitu fungsi perpustakaan. Terdiri dari sumber data primer yaitu petugas perpustakaan, guru dan siswa-siswi SMA Negeri 8 Samarinda dan sumber data sekunder yaitu kajian terhada artikel, buku-buku, serta kajian pustaka dan penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data dengan mengamati secara langsung apa yang terjadi di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa SMA Negeri 8 Samarinda memiliki perpustakaan yang telah melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya. Dimana perpustakaan memiliki fungsi edukatif, fungsi informatif, fungsi rekreatif, dan fungsi tanggung jawab dan administrasi. Pada fungsi edukatif, peserta didik maupun pendidik dapat menggunakan fasilitas dan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar dan penunjang serta memperlancar proses pembelajaran di sekolah. Fungsi informatif dimanfaatakan oleh peserta didik untuk mencari dan mengembangkan ilmu pengetahuan selain dari pendidik. Fungsi rekreatif yaitu dengan adanya perpustakaan dan koleksi yang bermacammacam maka peserta didik maupun pendidik merasa terhibur dan menghilangkan rasa bosan pada saat pembelajaran di dalam kelas. Selain itu fungsi tanggung jawab dan administrasi, peserta didik dituntut untuk mempertanggungjawabkan koleksi perpustakaan yang dipinjam, dan petugas perpustakaan melakukan pelayanan perpustakaan dengan membantu peserta didik maupun pendidik dalam menemukan referensi koleksi perpustakaan dan melaksanakan tata tertib perpustakaan. | en_US |