dc.description.abstract | ABSTRAK
Siti Rohana, 2022. “Pengaruh Reward Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Al-Muna Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Mujahidah, S.Ag, S.Psi, M. Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M. Pd selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah karena di kelas IV MI Al-Muna Samarinda berdasarkan observasi ditemukan beberapa peserta didik yang kurang disiplin belajar saat pembelajaran tematik berlangsung. Hal ini dilihat dari beberapa peserta didik yang datang terlambat masuk kelas, tidak membawa buku pelajaran sesuai jadwal, dan tidak mengerjakan PR yang diberikan guru. Pemberian reward yang dilakukan sebagai alat pendidikan pengendali disiplin belajar kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian reward terhadap disiplin belajar peserta didik dan seberapa besar pengaruhnya terhadap disiplin belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV MI Al-Muna Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan desain menggunakan intact-group comparison. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Muna Samarinda, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Al-Muna Samarinda sebanyak 56 peserta didik. Sampel yang dipakai menggunakan simple random sampling dengan sistem undian. Peserta didik kelas IV A terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B terpilih sebagai kelas kontrol penelitian. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menghitung uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh reward terhadap disiplin belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Hasil nilai uji hipotesis signifikansi two-tailed test sebesar 0,00 < 0,05 sehingga menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil uji effect size menghasilkan nilai sebesar 0,749 artinya memiliki interpretasi data bahwa pemberian reward tergolong dalam kategori yang sedang pengaruhnya terhadap disiplin belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV MI Al-Muna Samarinda. | en_US |