dc.description.abstract | ABSTRAK
Ima, 2022. “Persepsi Siswa Tentang Layanan Perpustakaan Di SMP Negeri (SMPN) 22 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Ahmad Riyadi, S. S, M. Hum dan Bapak Abdul Basith, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan yang sangat membutuhkan dan berkaitan erat dengan sebuah perpustakaan untuk kelancaran dan keberlangsungan dalam mencari informasi serta pembelajaran di sekolah. Berdasarkan observasi pertama yang dilakukan peneliti yaitu untuk mengetahui apakah dalam layanan, koleksi buku, sarana dan prasarana sudah cukup sesuai dengan jumlah siswa-siswi yang ada di SMP Negeri 22 Samarinda. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam bagaimana Persepsi Siswa Tentang Layanan Perpustakaan Di SMP Negeri (SMPN) 22 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 22 Samarinda dengan narasumber Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dan Siswa-siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles, Huberman dan Saldana dengan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang layanan perpustakaan di SMP Negeri 22 Samarinda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Siswa Tentang Layanan Perpustakaan di SMP Negeri (SMPN) 22 Samarinda menggunakan layanan sirkulasi yang meliputi kegiatan peminjaman dan pengembalian buku yang diberikan oleh pegawai perpustakaan di SMP Negeri 22 Samarinda sesuai dari pernyataan kepala perpustakaan dan persepsi dari siswa-siswi berdasarkan dengan Peratuan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah sudah baik dan memuaskan serta sikap mereka yang baik dan ramah. Adapun koleksi buku yang tersedia di perpustakaan SMP Negeri 22 Samarinda sudah cukup banyak dan beragam mulai dari buku teks/pelajaran, buku referensi, buku bacaan umum, jurnal-jurnal, juga seperti koran dan majalah dengan jumlah keseluruhan dari tahun 2020-2022 sebanyak 19.046 buku. Namun dalam penyediaan buku bacaan dan buku referensi masih kurang banyak atau belum sebanding dengan jumlah siswa-siswi yang ada di SMP Negeri 22 Samarinda sebanyak 1.252 orang sedangkan jumlah bukunya sebanyak1.000, dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu bekerja sama dengan lembaga Perpustakaan Daerah Kota Samarinda untuk penambahan koleksi buku tersebut. Adapun hal sarana dan prasarana sesuai dengan hasil dari wawancara yaitu selain kurangnya meja belajar mereka juga mengeluhkan masih terkendalanya diruangan perpustakaan yang belum terlalu luas hanya memiliki luas 42-71. | en_US |