Efektivitas Penggunaan Media Sate Bilangan Pada Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Perkalian dan Pembagian Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Winanti Rahma Hapsari, 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Sate Bilangan Pada Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Perkalian dan Pembagian Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Abdul Razak, M. Pd selaku pembimbing I dan Sunanik, M. Pd. I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik pada pokok bahasan operasi hitung perkalian dan pembagian dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional terdapat 14 peserta didik atau sebanyak 44% masih di bawah nilai KKM (70). Dalam penggunaan media pembelajaran pada operasi hitung perkalian dan pembagian di MIN 1 Samarinda masih kurang. Peneliti merekomendasikan media sate bilangan ini sebagai media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi hitung perkalian dan pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media sate bilangan pada hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung perkalian dan pembagian siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II yang berjumlah 93 dari 3 kelas. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini diambil dari 2 kelas yang berjumlah 62 peserta didik pada kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji reliabilitas menggunakan rumus KR 20, soal dapat dinyatakan reliabel. Dalam uji normalitas menggunakan rumus uji Kolmogorov Smirnov nilai Sig. < 0,05, maka data berdistribusi normal. Dalam uji homogenitas menunjukkan nilai sig. 0,462 > 0,05 dan dikatakan homogen. Dan uji hipotesis menggunakan uji Z karena sampel berukuran besar lebih dari 30, hasilnya menunjukkan bahwa Zhitung = 3,2 > Ztabel = 1,96 sama halnya dengan perhitungan menggunakan IBM SPSS Statistics Version 23 dengan signifikan 0,05 dinyatakan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05. Jadi, kesimpulannya menunjukkan bahwa penggunaan media sate bilangan efektif pada hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung perkalian dan pembagian siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda.