Manajemen Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nilma Wilda Annisa, 2022. “Manajemen Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Samarinda. Skripi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M. Ag dan Dr.Siti Julaiha, S. Ag., M. Pd.
Kurikulum 2013 menjadi kurikulum pendidikan di Indonesia yang diupayakan dapat memberikan perkembangan siswa menuju generasi yang lebih baik. Oleh karenanya setiap lembaga memberikan perhatian khusus agar terlaksa dan tercapainya tujuan pendidikan melalui kurikulum pendidikan, salah satunya SMP 14 Samarinda. SMP 14 selalu meningkatkan system ajar berdasarkan kurikulum baik dari sarana prasarana maupun kompetensi tenaga pendidik. Dengan adanya hal tersebut peneliti ini ingin meneliti lebih dalam mengenai manajemen kurikulum 2013 di SMP 14 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini melibatkan warga SMP 14 Samarinda. Pengumpulan data yang didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data diambil dari berbagai literatur mengenai manajemen kurikulum. Data yang sudah didapatkan akan diuji kebenaran menggunakan triangulasi data. Data akan dianalisis menggunakan empat langkah yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa manajement kurilulum 2013 di SMP Negeri 14 Samarinda dilaksanakan secara rinci memalui tiga tahapan, yakni: perencanaan kurikulum 2013yang di lakukan oleh kepala sekolah dan para guru, pelaksanaan kurikulum 2013 di laksanaan dikelas masing masing oleh para guru mata pelajaran, dan evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 di lakukan evaluasi dengan melibakan orang tua dan guru wali kelas .
Kata kunci: Manajemen, kurikulum 2013, Sekolah, menengah pertama negeri 14 Samarinda.