dc.description.abstract | ABSTRAK
Erika Dea Fitri Rahayu, 2022. “Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV di MI Al Huda Muara Jawa”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Mujahidah M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Lely Salmitha M.Pd sebagai pembimbiing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran IPA. Dapat dilihat dari siswa yang kurang memperhatikan pembelajara ilmu pengetahuan alam di kelas. Hal ini dikarnakan guru masih menggunakan media pembelajaran yang masih sederhana seperti media gambar dan alat peraga pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Sehingga media interaktif animasi perlu diterapkan dalam proses pembelajaran agar siswa lebih meningkatkan gairah, ketertarikan, perhatian dan keinginan untuk belajar agar meningkatnya minat belajar menggunakan media interaktif animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas IV MI Al Huda Muara Jawa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan True Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu Pretes-Posttest Only Control Design. Populasi penelitian diambil seluruh kelas IV yaitu 74 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dilanjutkan dengan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Al Huda Muara Jawa. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis mengunakan uji Independent Sample T-test adalah uji yang memakai dua sampel yang berbeda. Adapun kriteria pengambilan keputusannya untuk pengujian adalah jika sig.(2- tailed) T-test < 0,05 atau jika t hitung < t tabel maka pengujian berhasil. Hasil dari uji t Independent Sampel T-test adalah 0,000 < 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media interaktif animasi terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Al Huda Muara Jawa. | en_US |