Sistem Informasi Smart Library Dalam Meningkatkan Minat Baca Di MTs Negeri 1 Balikpapan
Abstract
ABSTRAK
Arif Sepira Sutrisno, 2022. “Sistem Informasi Smart Library Dalam Meningkatkan Minat Baca Di MTs Negeri 1 Balikpapan”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Siti Julaiha, S.Ag., M.Pd selaku pembimbing I dan ibu Atika Muliyandari, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan layanannya terhadap perpustakaan di madrasah yang telah didukung oleh teknologi informasi yaitu sistem informasi Smart Library di perpustakaan. Sistem informasi Smart Library dibangun untuk memenuhi kebutuhan referensi dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah bagaimana sistem informasi Smart Library di MTs Negeri 1 Balikpapan, dan Bagaimana minat baca di MTs Negeri 1 Balikpapan. Adapun tujuannya agar mempermudah dalam hal menemukan referensi kemudahan lainnya yaitu untuk pelacakan letak koleksi perpustakaan. Ketika anggota perpustakaan membutuhkan referensi bacaaan, mereka tidak perlu menghabiskan waktu dan membuang tenaga berkeliling di perpustakaan untuk mencari buku. Mereka cukup mencarinya melalui sistem informasi perpustakaan yang tersedia, dengan demikian anggota perpustakaan dapat mengetahui dimana letak buku yang ingin dicari dan apakah buku tersebut terdapat di perpustakaan. Atas kemudahan ini, dapat memungkinkan ketertarikan siswa terhadap buku sehingga dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar yang lebih baik.
Jenis penelitian ini adalah jenis deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data melalui teknik observasi dan triangulasi berkelanjutan, yaitu teknik trangulasi sumber data dan teknik. Di samping itu, teknik analisis data menggunakan model interaktif seperti pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu, melalaui fase sistem informasi Smart Library Dalam Meningkatkan Minat Baca di MTs Negeri 1 Balikpapan melalui fase Pembiasaan merupakan langkah sederhana dalam sistem informasi Smart Library dalam minat baca yang mana dalam fase ini peserta didik akan dikenalkan dan mulai mengenal aplikasi Smart Library dan program literasi yang ada di perpustakaan Madrasah. Selanjutnya fase pengembangan, dimana dalam fase ini warga madrasah khususnya perpustakan memberikan arahan yang baik yang sudah mereka kenal di perpustakaan Madrasah seperti pengembangan kemampuan literasi melalui berbagai kegiatan non akademis serta pengupayaan lingkungan sosial dan efektif sebagai model komunikasi. Dan fase terakhir dalam proses Sistem Informasi Smart Library dalam meningkatkan minat baca ialah fase pembelajaran, dalam fase ini peserta didik akan mulai menyadari akan pentingnya Smart Library, mereka tidak hanya sekedar membuka atau membaca melainkan harus memahami buku-buku yang ada di Smart Library dan di perpustakaan yang ada di Madrasah.