Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V Di MI Ash-Shobirin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Diah Rahayu. 2022. “Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V Di MI Ash-Shobirin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M. Pd, selaku dosen pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M. Pd, selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah yang ditemui di MI Ash-Shobirin tepatnya di kelas V. dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa kelas V di MI Ash-Shobirin Samarinda dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Pada Siswa Kelas V di MI Ash-Shobirin Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi-eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap penerapan metode eksperimen. Observasi digunakan untuk mengamati kemampuan guru dalam menggunakan metode eksperimen. Dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data yang berhubungan dengan penelitian. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel X metode eksperimen dan variabel Y hasil belajar dari pembelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V MI Ash-Shobirin Samarinda, berjumlah 45orang. Kelas Eksperimen berjumlah 23 siswa dan kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji independent T-test.
Hasil yang diperoleh dari uji independent t-test pada kelompok eksperimen terhadap kelompok kontrol menunjukan nilai signifikansi dengan jumlah 0,013 kurang dari 0,05. Maka dinyatakan Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan Metode Eksperimen terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan Alam materi zat tunggal dan campuran pada siswa kelas V di MI Ash-Shobirin Samarinda.