Show simple item record

dc.contributor.authorMutiah, Naufa Dhiya
dc.date.accessioned2022-12-20T02:00:12Z
dc.date.available2022-12-20T02:00:12Z
dc.date.issued2022-09-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2263
dc.description.abstractABSTRAK Naufa Dhiya Mutiah, 2022, “Implementasi Media Buku Aku Bisa Baca Pada Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Islam Al Azhar 47 Samarinda”. Skripsi, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Juhairiah, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Lely Salmitha, M.Pd selaku pembimbing II. Latar Belakang penelitian ini adalah masih terdapat siswa di kelas I yang belum lancar dalam membaca. Demikian sekolah dan guru kelas I dituntut untuk ekstra dalam kegiatan pembelajaranya di kelas agar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswanya. SD Islam Al Azhar 47 Samarinda, guru melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media buku Aku Bisa Baca dalam program literasi membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media buku Aku Bisa Baca dan faktor pendukung serta penghambat di SD Islam Al Azhar 47 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas I dan siswa kelas I A dan objek dalam penelitian ini buku Aku Bisa Baca. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini, bahwa pembelajaran membaca dengan mengimplementasikan media buku Aku Bisa Baca dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I, dengan keselururhan siswa kelas I yang berjumlah 80 siswa, dari penerapan buku Aku Bisa Baca terindikasi 69 siswa yang telah lancar dalam membaca. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang sudah lancar membaca tanpa mengeja dengan berbantuan buku Aku Bisa Baca. Melalui hasil pengamatan di kelas I A 26 siswa dari 30 siswa terindikasi memenuhi kriteria dalam aspek kemampuan membaca yang diamati dalam lembar observasi. Penggunaan media yang menyenangkan dan menarik terbukti efektif dan dapat meningkatkan kemampuan membaca perlmulaan khususnya pada siswa kelas I. Dalam penerapannya, siswa lebih mudah mengenali kalimat dengan berbantuan gambar sehingga siswa dapat menyebutkan kalimat tanpa mengeja dengan baik. Faktor pendukung implementasi media buku Aku Bisa Baca yaitu fasilitas di dalam kelas yang memadai dan kelengkapan sarana dan prasarana serta keaktifan guru kelas dalam pembelajaran. Faktor penghambat yang terdapat pada penggunaan buku Aku Bisa Baca yaitu yang terbiasa membaca megeja serta buku dapat rusak dan mudah robek lalu tidak sedikit juga siswa yang bukunya hilang sehingga harus meminjam.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia, Buku Aku Bisa Baca, Kemampuan, Membaca Permulaan Siswaen_US
dc.titleImplementasi Media Buku Aku Bisa Baca Pada Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Islam Al Azhar 47 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record