dc.description.abstract | ABSTRAK
Sarmila Fitriani, 2022. “Hubungan Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Tematik pada Peserta Didik Kelas III SDI Al Azhar 47 Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dimbimbing oleh Ibu Juhairiah, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti tertuju pada proses pembelajaran tematik yang ada di kelas III SDI Al Azhar 47 Samarinda bahwa masih terdapat kesenjangan dalam proses pembelajaran yang terjadi, hal ini dapat terlihat dari motivasi belajar beberapa peserta didik dan kurangnya perhatian peserta didik dalam mengikuti pelajaran yang dilaksanakan secara blended, hal tersebut berkenaan dengan keterampilan dasar mengajar guru tematik dalam proses pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar tematik pada peserta didik kelas III SDI Al Azhar 47 Samarinda.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III di SDI Al Azhar 47 Samarinda yang berjumlah 73 peserta didik, dengan mengambil sampel melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar tematik pada peserta didik kelas III SDI Al Azhar 47 Samarinda yang dapat dilihat dari analisis data perhitungan menunjukkan bahwa hubungan keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar tematik pada peserta didik kelas III SDI Al Azhar 47 Samarinda sebesar 0,634 yaitu berada pada kategori kuat. Kemudian hasil koefisien determinasi sebesar 40,2% dan sisanya 59,8% ditentukan variabel lain dan pembuktian hipotesis dengan menguji menggunakan rumus uji t, yang diperoleh hasil thitung > ttabel (5,374 > 1,681). Sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang penulis ajukan diterima. | en_US |