dc.description.abstract | ABSTRAK
SITI MAIMUNAH, 2022, “Implementasi Media Card Sort Pada Kemampuan Membaca Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdatul Ulama 003 Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd selaku pembimbing II.
Terdapat beberapa peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdatul Ulama 003 Samarinda yang masih belum lancar dalam membaca terutama di kelas satu. Melihat fenomena tersebut guru kelas satu tergerak untuk membuat peserta didik bisa membaca secara maksimal. Dalam upaya membuat peserta didik bias membaca 100%, guru berinisiatif menggunakan media card sort. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implmentasi media card sort pada kemampuan membaca peserta didik dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada implementasi media card sort pada kemampuan membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdatul Ulama 003 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara , dan dokumentasi. Objek penelitian tertuju kepada kepala madrasah, guru kelas dan peserta didik. Teknik analisis datanya menggunakan Miles and Huberman yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran membaca dengan implementasi media card sort pada kemampuan membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdatul Ulama 003 Samarinda membuat siswa banyak aktif dalam mengikuti pembelajaran hal ini dibuktikan dengan adanya peserta didik mampu membaca teks bacaan dengan pelafalan yang jelas, kelancaran dalam membaca, intonasi yang pas saat membaca, dan ekspresi yang sesuai dengan teks bacaan sesuai dengan aspek kemampuan membaca. Dengan demikian, berdasarkan analisis yang di lakukan menunjukan bahwa implementasi media card sort proses membaca pada peserta didik menjadi terarah dan dalam membaca peserta didik sudah lancar dan baik dalam melafalkannya. Dalam implementasi media card sort meliputi pendahuluan, kegiatan inti dan evaluasi. Pendahuluan, guru mempersiapkan RPP, media pembelajaran berupa kartu huruf sesuai dengan materi yang diajarkan. Kegiatan inti, guru memberitahukan prosedur dalam pembelajaran, membagi siswa menjadi 4 kelompok dan guru memberikan unjuk kerja berupa kartu huruf sesuai tema yang diberikan guru yaitu Bapak, Ibu, Kakek, Nenek peserta didik diarakan untuk menyusun kata sesuai dengan tema yang diberikan guru. Evaluasi, guru meminta setiap peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerjanya didepan kelas. Faktor pendukung dan penghambat pada impelementasi media card sort pada kemampuan membaca peserta didik ada faktor internal dan eksternal, internalnya peserta didik yang sulit berkonsentrasi, lambat dalam memahami yang dijelaskan guru adapun eksternalnya kesiapan guru dalam mengolah pembelajaran didalam kelas. | en_US |