Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyah, Nikhmatul
dc.date.accessioned2022-12-21T03:54:36Z
dc.date.available2022-12-21T03:54:36Z
dc.date.issued2022-09-21
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2279
dc.description.abstractABSTRAK Nikhmatul Fitriyah, 2022. “Efektivitas Membaca Senyap (Sustained Silent Reading) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa MI Darul Falah 1 Samarinda” Program Studi Pendidikan Gruru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyh dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Lina Revilla Malik, M.Si dan Siti Nasiah, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kemampuan membaca pemahaman siswa yang masih kurang dalam memahami suatu bacaan terutama pada kelas VI, guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional. Sehingga peneliti menggunakan metode membaca senyap (sustained silent reading) untuk dapat melihat kemampuan membaca pemahaman. Selain itu, kemampuan membaca pemahaman ini juga terkait dengan kebiasaan siswa dalam membaca senyap seperti 15 menit sebelum memulai pelajaran siswa diharapkan untuk dapat membaca. Sehingga penggunaan metode membaca senyap (sustained silent reading) diduga efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Membaca Senyap (Sustained Silent Reading) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa MI Darul Falah 1 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan Pre Eksperimental One Group Pretest – Posttest Design ini terdiri atas satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa dengan pengambilan sampel pada kelas VI sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan uji hipotesis gain pretest-posttest dan paired simple t-test menggunakan SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa efektivitas membaca senyap (sustained silent reading) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa MI Darul Falah 1 Samarinda. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi  = 0.05 diperoleh 𝑇ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑇𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, jadi 11,1273 > 2,042. Hasil dari paired simple t-test adalah 0,000 < 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa membaca senyap (sustained silent reading) efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa MI Darul Falah 1 Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectEfektivitas, Membaca Senyap (Sustained Silent Reading), Kemampuan Membacaen_US
dc.titleEfektivitas Membaca Senyap (Sustained Silent Reading) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa MI Darul Falah 1 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record