Show simple item record

dc.contributor.authorMeysariah, Hesti
dc.date.accessioned2022-12-22T01:28:29Z
dc.date.available2022-12-22T01:28:29Z
dc.date.issued2022-10-17
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2283
dc.description.abstractABSTRAK Hesti Meysariah, 2022. “Potensi Bisnis Online Dan Perannya Dalam Membangun Jiwa Entrepreneurship Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam)” Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Akhmad Nur Zaroni, M.Ag sebagai Pembimbing I dan Ibu Nurul Fadhilah. S.S.T.,M.E sebagai Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kemajuan teknologi yang berupa internet, whatsapp, instagram, facebook, pada platform smarthphone atau-pun social media sejenisnya, menjadikan bisnis online tidak mengenal ruang dan waktu, dapat dilakukan dimana saja hampir selama 24 jam. Cukup dengan melampirkan barang dagangannya melalui internet, maka dengan mudah para pebisnis online ini akan menemukan para calon pembelinya lewat media dunia maya tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Potensi Bisnis Online pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSI Samarinda, peran bisnis online dalam membangun jiwa entrepreneurship, perspektif ekonomi Islam, dan faktor pendukung dan penghambat bisnis online. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu untuk menggali memahami dan menjelaskan arti fenomena atau peristiwa dengan penen-tuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam tentang potensi bisnis online dan perannya dalam membangun jiwa entrepreneurship perspektif ekonomi islam. Hasil penelitian bisnis online yang dilakukan mahasiswa sangat berpotensi mengembangkan kekuatan untuk mencapai keuntungan maksimal termasuk dalam proses menjual melalui media online, bermanfaat meningkatkan perekonomian sebagai seorang mahasiswa kemudian berpotensi menghasilkan aspek pengenalan diri dan menambah pendapatan ekonomi secara segi finansial dan menjadikan mahasiswa memilki jiwa entrepreneur berfikir kritis, komitmen, percaya diri, mandiri, inovasi, dan kreativitas. Kemudian memenuhi nilai-nilai moral dan prinsip bisnis online dalam perspektif ekonomi Islam. Berdagang atau berbisnis merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Bisnis merupakan sesuatu yang di perbolehkan, dengan benar sesuai dengan tuntutan ajaran Islam. Mahasiswa yang melakukan kegiatan usaha, mengalami adanya faktor pendorong dan penghambat. Faktor pendorong tersebut adalah faktor kemampuan dan kemauan, tekad yang kuat dan kerja keras, kesempatan dan peluang. faktor peghambat meliputi faktor kurang dapat mengendalikan keuangan, gagal dalam rencana, dan juga tidak mampu dalam melakukan peralihan. Kata Kunci : Potensi Bisnis Online, Jiwa Entrepreneurship, Ekonomi Islamen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPotensi Bisnis Online, Jiwa Entrepreneurship, Ekonomi Islamen_US
dc.titlePotensi Bisnis Online Dan Perannya Dalam Membangun Jiwa Entrepreneurship Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record