Perencanaan Strategis dalam Pengembangan Sarana dan Prasarana di SMPN 15 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Novita Wulandari, 2022. “Perencanaan Strategis dalam Pengembangan Sarana dan Prasarana di SMPN 15 Samarinda”.Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs H. M. Said Husin, MA selaku Pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini, M. Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah sekolah yang memiliki kualitas yang baik juga tidak mampu mempertahankan dalam jangka waktu terus menerus dan bantuan sarana dan prasarana pun tidak selalu datang setiap waktu. Oleh karena itu dibutuhkan perencanaan strategis sebagai pedoman yang jelas untuk dijadikan acuan bagi seluruh yang terlibat sehingga sarana dan prasarana menjadi sesuai dengan kebutuhan sekolah dan sesuai dengan anggaran yang ada serta dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang relatif lebih lama dan berdampak dalam pengembangan sarana dan prasarana pendidikan dan perencanaan sarana dan prasarana. Tujuan dari perencanaan strategis bukan hanya masalah kuantitas dan kualitas saja tetapi faktor lainnya sehingga sarana dan prasarana pendidikan menjadi baik dan dapat dipertahankan dalam waktu yang relatif lebih lama. Demikian berdasarkan obervasi dilapangan keadaan yang ada di sekolah tersebut sudah cukup memadai dan memiliki 1.012 peserta didik di tahun 2021/2022, serta telah tercatat sebagai sekolah yang memiliki akreditas A. Hal ini menarik penulis untuk mengetahui sekaligus meneliti Perencanaan Strategis dalam pengembangan sarana dan prasarana di SMPN 15 Samarinda dan faktor pendukung dan penghambat perencanaan strategis dalam pengembangan sarana dan prasarana. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui perencanaan strategi dalam pengembangan sarana dan prasarana di SMPN 15 Samarinda dan faktor pendukung dan penghambat perencanaan strategis dalam pengembangan sarana dan prasarana di SMPN 15 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 15 Samarinda. Sumber data primer adalah Kepala Sekolah, Waka Sarana dan Prasarana dam Waka Kurikulum. Sedangkan data sekunder adalah berupa buku rencana sekolah, dokumentasi dan arsip-arsip penting yang mendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obsertvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Data Condensation (Kondensasi data), penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategis dalam pengembangan sarana dan prasarna yang meliputi 4 indikator perencanaan strategis yang ada di antaranya: 1) Pengamatan Lingkungan, dilakukan untuk menentukan kebutuhan sekolah dalam mengupayakan pengembangan sarana dan prasarana. 2) Penyusunan, dilakukan untuk merancang rencana strategis mengenai sarpras dilakukan dengan pembentukan kelompok kerja yang telah ditunjuk oleh kepala sekolah untuk penyusunan RKTS dan hal tersebut dilakukan setiap tahunnya. 3) penetapan, yang dilakukan dengan mengikuti program-program sarana dan prasarana yang telah ada di RKTS yang telah disusun sebelumnya. 4) Evaluasi, dilakukan untuk penilaian terhadap program-program sarana dan prasarana yang telah dilaksanakan telah berjalan secara optimal atau mengalami kendala yang nantinya program tersebut akan diusulkan kembali dipenyusunan RKTS selanjutnya. Sedangkan faktor pendukung yaitu sekolah ini telah melakukan perencanaan strategis dengan baik sehingga sekolah memiliki sarana dan prasarana yang telah susai standar dan memiliki akreditas A yang menjadi daya tarik bagi calon peserta didik dan faktor penghambatnya yaitu dana yang diperoleh sekolah belum memenuhi kebutuhan dana yang diperlukan karena hanya berasal dari dana bosda dan bosnas.