Show simple item record

dc.contributor.authorAkmalia, Rizky
dc.date.accessioned2022-12-23T02:23:59Z
dc.date.available2022-12-23T02:23:59Z
dc.date.issued2022-10-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2289
dc.description.abstractABSTRAK Rizky Akmalia, 2022. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Berprestasi di SMA Negeri 1 Anggana”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Ity Rukayah, M.Si, selaku dosen pembimbing I dan Dr. Akhmad Muadin, M.Pd, selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepemimpinan yang efektif akan menjadi penopang dalam keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Terdapat perbedaanantara sekolah yang memiliki prestasi tinggi dengan sekolah yang berprestasi rendah disebabkan adanya pengaruh dari kepala sekolah. SMA Negeri 1 Anggana mempunyai salah satu visinya yaitu “Unggul dalam Prestasi Akademik dan Non Akademik”. Perkembangan prestasi siswa tidak akan pernah berhasil secara maksimal tanpa adanya kepemimpinan kepala sekolah yang berkualitas serta dukungan dari berbagai pihak. Maka, perlu diketahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya berprestasi di SMANegeri 1 Anggana. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi dengan kepala sekolah, waka kesiswaan, dan guru pembina OSIS. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinandemokratis kepala sekolah sangat penting dan berpengaruh besar dalam mengembangkan budaya prestasi siswa. Kemampuan yang harus diwujudkan kepala sekolah sebagai pemimpin yang demokratis dapat dianalisis melalui : 1) kepribadian/keteladanan yaitu dengan memberikan contoh yang dapat diteladani dan menanamkan sikap disiplin sehingga berpengaruh dalam pencapaian prestasi siswa, 2) kemampuan berkomunikasi yaitu berkoordinasi dengan para bawahanuntuk mewujudkan kerja sama yang baik dalam mengelola prestasi siswa, 3) dalam pengambilan keputusan mementingkan musyawarah dengan melibatkanpartisipasi para bawahan dalam membuat program, 4) dalam kemampuan memotivasi, kepala sekolah memberikan reward terhadap siswa yang berprestasi serta memberikan dukungan secara penuh dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKepemimpinan, Kepala Sekolah, Budaya Berprestasien_US
dc.titleKepemimpinan Kepala Sekolah DalamMengembangkan Budaya Berprestasi di SMA Negeri 1 Angganaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record