Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Antis Pada Generasi Muslim Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
ABSTRAK
Nurul Ayu Rindawati, 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Antis Pada Generasi Muslim Pada Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Moh. Mahrus, M.HI dan Fitria Rahmah, S.E.I, MA.
Hand Sanitizer merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19. Masyarakat sudah lebih sadar dan peduli akan kesehatan dan kebersihan pada tangan. Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan Hand Sanitizer pada masa pandemi Covid-19 ternyata dapat menimbulkan peluang bisnis terhadap keputusan pembelian produk hand sanitizer. Sebagai produk masa depan, tak heran bila banyak perusahaan yang memproduksi hand sanitizer di Indonesia, salah satu merek hand sanitizer yang memiliki citra merek yang melekat di benak konsumen adalah Antis. Karena produk Antis adalah Top Brand Award untuk merek hand sanitizer pada tahun 2019-2020. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk hand sanitizer antis pada generasi muslim di Kota Samarinda baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Responden dalam penelitian ini ialah generasi Muslim Kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel ialah Nonprobalitiy sampling, yaitu dengan teknik Accidental sampling dengan jumlah 100 responden populasi muslim di Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kusioner (Google Form). Analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel price berpengaruh signifikan dengan nilai 0,08<0,05 dan t hitung 2,711>1,986, variable product quality tidak berpengaruh signifikan dengan nilai 0,749>0,05 dan t hitung 0,321<1,986, variabel brand image tidak berpengaruh signifikan dengan nilai 0,568>0,05 dan t hitung 0,574<1,986, variabel promotion tidak berpengaruh signifikan dengan nilai 0,274>0,05 t hitung -1,100<1,986, variabel people tidak berpengaruh signifikan dengan nilai 0,716>0,05 t hitung -0,365<1,986, variable process tidak berpengaruh signifikan dengan nilai 0,402>0.05 t hitung 0,841<1,986, variabel place berpengauh signifikan dengan nilai 0,000<0,05 t hitung 4,589>1,986, dan variabel physical evidance 0,012<0,05 t hitung - 2,70<1,986. Maka price, product, quality, brand, image, promotion, people, process, palce, dan physical evidance secara simultan berpengaruh dan signifikan
terhadap keputusan pembelian hand sanitizer Antis pada generasi muslim di Kota Samarinda pada masa pandemi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 61,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci : Price, Product Quality, Brand Image, Promotion, People, Process,Place, Physical Evidance, dan Keputusan Pembelian