dc.description.abstract | ABSTRAK
SITI A’ISYAH, 2022, “Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VI di SD Islam Muslimat NU Darul Falah 1 Samarinda ”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Negeri Islam (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Fathul Jannah, M.SI selaku pembimbing I dan Ibu Nurwati, M. Pd. Selaku pembimbing II.
SD Islam Muslimat NU Darul Falah 1 Samarinda, diketahui bahwa dalam proses pembelajaran belum tercipta suasana belajar yang aktif dimana terjadi interaksi yang baik antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa. Padahal ada beberapa pelajaran yang memerlukan siswa untuk berkontribusi langsung atau terdapat praktik nyata di dalamnya. Materi zakat fitrah adalah salah satu materi yang ada di mata pelajaran pendidikan agama Islam yang membutuhkan perhatian khusus oleh siswa karena termasuk ke dalam rukun Islam. Dengan kondisi yang demikian, peneliti mendapati bahwa guru mata pelajaran pendidikan agama Islam yang menggunakan metode role playing dalam proses pembelajaran materi zakat. Metode role playing adalah salah satu metode pembelajaran melibatkan siswa ke dalam praktik nyata dengan cara yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode role playing dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VI di SD Islam Muslimat NU Darul Falah 1 Samarinda
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yakni penelitian dengan kata-kata yang dinarasikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Muslimat NU Darul Falah 1 Samarinda. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, Proses penerapan metode role playing materi zakat pada kelas VI di SD Islam Muslimat NU Darul Falah Samarinda melewati langkah-langkahnya, yaitu : pendidik menyiapkan skenario, membentuk kelompok sesuai perannya masing-masing, selanjutnya sebelum pembelajaran inti dilaksanakan guru memberikan penjelasan tentang kompetensi inti yang ingin dicapai, dilanjutkan denganguru memanggil peserta didik untuk bermain peran dengan skenario yang telah disiapkan sebelumnya, selanjutnya setelah bermain peran selesai guru membagikan lembar kerja (LKS) agar siswa bisa menuliskan kesimpulan didalamnya, kemudian kegiatan diakhiri dengan guru yang menyimpulkan pembelajaran secara umum, mengevaluasi kegiatan pembelajaran, dan menutup pembelajaran. | en_US |