dc.description.abstract | Erina Kuswandari, 2018. “Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003 Samarinda. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.” Penelitian ini dibimbing oleh Dr. M. Eka Mahmud, M.Ag sebagai pembimbing I dan Amalia Nur Aini, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah tentang adanya ketidaktertarikan siswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru karena ketidakjelasan penyampaian materi dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa jenuh dan tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran. Dengan demikian maka diperlukan suatu lingkungan yang kondusif, dan salah satu
upaya untuk menciptakannya dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satunya yaitu media pembelajaran audio visual. Media sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang baik, hal ini dapat dilihat dari tingginya minat siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Contohnya seperti adanya keseriusan siswa dalam memperhatikan guru yang sedang menjelaskan dan antusias siswa terhadap proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003 Samarinda.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan pengaruh variabel x terhadap variabel y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yaitu sebanyak 104 siswa dengan mengambil sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 51 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan uji t.
Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual memiliki tingkat hubungan yang sedang terhadap minat belajar siswa, yaitu sebesar 0,527. Besarnya pengaruh ini dibuktikan dengan perhitungan thitung diperoleh nilai sebesar 4,345 dan diinterpretasikan dengan nilai ttabel sebesar 2,009. Maka nilai thitung > ttabel, yaitu 4,345 > 2,009, dengan koefisien determinasi sebesar 27,77% . Sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang penulis ajukan diterima yaitu, terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003 Samarinda. | en_US |