View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Manajemen Kearsipan di MTs Labbaika Samarinda

Thumbnail
View/Open
Etika Nor Afifah.docx (15.69Kb)
Date
2022-11-17
Author
Afifah, Etika Nor
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Etika Nor Afifah, 2022. “Manajemen Kearsipan di MTs Labbaika Samarinda”. Skripsi, progam studi Manajemen Pendidikan Islam jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Rusdi, M. SI sebagai pembimbing I dan Dr. Akhmad Muadin, M. Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang dari penelitian ini bahwa manajemen kearsipan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan siklus hidup dari arsip yaitu penciptaan, distribusi, penggunaan, pemeliharaan, penyimpanan, dan penyusutan. Diketahui madrasah memiliki citra yang baik dan akreditasi yang baik di mata masyarakat yang membuat banyak peminat. Dengan banyaknya siswa di madrasah akan menyebabkan pekerjaan yang berhubungan dengan ketatausahaan bertambah banyak dan kompleks. Hal ini tentu akan menyebabkan madrasah harus memiliki tenaga administrasi yang profesional dan sarana prasarana yang memadai untuk mendukung pekerjaan dalam bidang manajemen kearsipan dengan baik. Dalam pencatatan di madrasah juga terdapat kekurangan seperti pembayaran SPP yang mengharuskan menyerahkan bukti pembayaran SPP dan proses pendataannya dilakukan dengan manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kearsipan mulai dari penciptaan, distrubusi, penggunaan, pemeliharaan, penyimpanan, dan penyusutan di madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah pegawai tata usaha yang ada di madrasah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknis analisis data ditempuh dengan deskritif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan bahwa manajemen kearsipan di madrasah yang meliputi siklus hidup arsip mulai dari: 1. Penciptaan arsip, 2. Pendistribusian arsip, 3. Penggunaan arsip, 4. Pemeliharaan arsip, 5. Penyimpanan arsip, 6. Penyusutan arsip. Penciptaan arsip dilakukan dengan cara yaitu penciptaan arsip internal dan eksternal. Semua penciptaan arsip internal melalui arahan dari kepala sekolah sedangkan penciptaan arsip eksternal merupakan arsip yang dari luar Madrasah kemudian terdapat pendistribusian surat masuk-keluar dan SPP ke dalam buku agenda. Penggunaan arsip pihak yang membutuhkan akan diberikan salinan dari arsip aslinya dan pemeliharan arsip dilakukan dengan membersihkan debu dan arsip juga aman dari serangga. Penyimpanan arsip dilakukan dengan mengklasifikasi sesuai dengan pokok permasalahannya. Untuk penyusutan arsip dilakukan dengan pembakaran kepada arsip yang sudah habis masa pakai.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2318
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [377]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV