Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Pertama Plus Melati
Abstract
Kartika Fitri Nurhalimah, 2018. “Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Zamroni, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap sekolah memiliki sarana prasarana, baik itu memadai ataupun tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran. Implementasi manajemen sarana dan prasarana bisa diterapkan dan dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Impelemntasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian di Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarinda sudah memenuhi standarisasi sarana dan prsarana. Adapun indikator dari sarana yakni seperti media pendidikan, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. Indikator prasarana seperti lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat ibadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang atau