Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cinderamata Khas Anggana Pada Galeri UMKM Bubuhan Kreatif Wisata Kutai Lama (BUKWISKULA)
Abstract
ABSTRAK
Rizky Setiawan, 2022. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cinderamata Khas Anggana Pada Galeri UMKM Bubuhan Kreatif Wisata Kutai Lama (BUKWISKULA)”. Skripsi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh ibu Hj. Norvadewi, M. Ag selaku pembimbing 1 dan ibu Tika Parlina, M. M selaku pembimbing 2.
Pada zaman sekarang ini banyak perubahan dan kemajuan yang terjadi pada dunia bisnis, baik dunia bisnis produk ataupun jasa. Dalam melakukan keputusan pembelian seorang konsumen tentunya akan melihat beberapa dari segi kualitas maupun harganya. Hingga pada akhirnya konsumen konsumen memutuskan untuk membeli produk yang ada dan untuk menghindari terjadinya ketidakpuasan pasca pembelian, seorang konsumen melakukan beberapa pertimbangan dengan beberapa tahap sebelum ia memutuskan untuk membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Harga dan Kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Cinderamata Khas Anggana Pada Galeri UMKM Bukwiskula baik secara parsial maupun simultan.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dari angket yang disebar dan diisi oleh konsumen UMKM Bukwiskula Anggana. Untuk responden dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus lemeshow sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis deskripsi, teknik analisis data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R2 ) dengan alat bantu pengolah data program SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di UMKM Bukswiskula Anggana, sedangkan kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di UMKM Bukwiskula Anggana. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di UMKM Bukwiskula Anggana dengan koefisien determinan yakni 6,7% sedangkan sisanya 93,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Harga (X1), Kualitas Produk (X2) dan Keputusan Pembelian (Y)