Show simple item record

dc.contributor.authorKarenina, Dilla Suci
dc.date.accessioned2023-01-11T02:35:11Z
dc.date.available2023-01-11T02:35:11Z
dc.date.issued2022-12-11
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2344
dc.description.abstractABSTRAK Dilla Suci Karenina, 2022. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMPN 01 Loa Janan. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di dimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zurqoni, M. Ag selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Akhmad Muadin, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah atau madrasah bahwa kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin Sekolah yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Serta keunggulan prestasi non akademik siswa. SMPN 01 Loa Janan memiliki akreditas A dan banyak prestasi non akademik yang di proleh selama kepala sekolah menjabat 2 priode. Hal ini tentu tidak terlepas dari strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa, maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mengemukakan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di SMPN 01 Loa Janan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 01 Loa Janan dengan jenis penelitian Kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan hasil penelitian dengan bentuk paragraph atau narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini adalah kepala\ sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Pembina ekstrakurikuler dan siswa SMPN 01 Loa Janan. Sumber data sekunder yaitu data-data, dokumen-dokumen, foto-foto dan catatan tertulis. Teknik analisis data menggunakan model miles dan humbermen meliputi Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing/ Verifications. Teknik keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian pada skripsi ini kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa dengan menerapkan peran kepala sekolah yaitu Educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator yang biasa disingkat EMASLIM. Dalam meningkatkan prestasi kepala sekolah berperan merencanakan program dengan melibatkan komite sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan guru pembina ekstrakurikuler dengan bermusyawarah, kepala sekolah melaksanakan program melakukan pendistribusian tugas kepada guru pembina ekstrakurikuler, Kepala sekolah melakukan pengawasaan kepala sekolah mengawasai secara langsung dengan menghadiri langsung kelapangan dan secara tidak langsung dengan melihat dari lembar kontrol prestasi siswa, kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinan kepala sekolah mampu menguasai, mengendalikan dan mengarahkan mencapai sekolah yang efektif dan efesien dengan dilihat banyaknya prestasi yang diraih oleh SMPN 01 Loa Janan. Faktor penghambat Internal. Motivasi siswa untuk latihan terkadang menurun sehingga kepampuan lambat berkembang. Faktor eksternal. Karna lebih mengikut sertakan perlomba siswa yang telah memiliki kemampuan yang baik saja, sehingga yang kurang memiliki bakat akan terbatasnya latihannya.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPeran, Kepala Sekolah, Prestasien_US
dc.titlePeran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMPN 01 Loa Jananen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record