Show simple item record

dc.contributor.authorHardiyanti, Siti
dc.date.accessioned2020-04-04T06:09:32Z
dc.date.available2020-04-04T06:09:32Z
dc.date.issued2018-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/234
dc.description.abstractSiti Hardiyanti, 2018. “Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Granada Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, M.A. selaku pembimbing I dan Ibu Nurwati, M. Pd. selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa kepala sekolah sebagai seorang manajer telah menjalankan fungsi-fungsi manajerial. Hal tersebut dilihat dari pelaksanaan rapat rutin tiap minggu, mengadakan pelatihan-pelatihan, serta memberikan motivasi dan bimbingan kepada seluruh guru. Kepala sekolah dalah sosok pemimpin yang bertanggung jawab atas tugas dan kewajiban. Namun, seberapa besarkah pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah yang ada terhadap profesionalisme guru di SMA IT Granada dalam menjalankan tugas pokoknya sebagai pendidik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Granada Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru sebanyak 30 orang. Data yang diperoleh melalui angket kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil perhitungan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 0,672 yang berada dalam rentangan 0,60-0,799 dengan kategori kuat atau tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh kuat atau tinggi terhadap profesionalisme guru di SMA IT Granada Samarinda. Dapat dikatakan bahwa besar pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru adalah 45,1% dan sisanya 54,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian untuk menguji hipotesis penulis menggunakan perhitungan uji t dan diperoleh hasil thitung = 4,800 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,048. Dengan demikian berarti bahwa thitung > ttabel = 4,800 > 2,048, sehingga hipotesis alternatif (Hα) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasrkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di SMA IT Granada Samarinda.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMANAJEMEN KEPALA SEKOLAHen_US
dc.titlePengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Granada Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record