dc.description.abstract | Siti Hardiyanti, 2018. “Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala
Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam
Terpadu (SMA IT) Granada Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, M.A.
selaku pembimbing I dan Ibu Nurwati, M. Pd. selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa kepala sekolah sebagai
seorang manajer telah menjalankan fungsi-fungsi manajerial. Hal tersebut dilihat
dari pelaksanaan rapat rutin tiap minggu, mengadakan pelatihan-pelatihan, serta
memberikan motivasi dan bimbingan kepada seluruh guru. Kepala sekolah dalah
sosok pemimpin yang bertanggung jawab atas tugas dan kewajiban. Namun,
seberapa besarkah pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah yang ada
terhadap profesionalisme guru di SMA IT Granada dalam menjalankan tugas
pokoknya sebagai pendidik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah
terhadap profesionalisme guru di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA
IT) Granada Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner
(angket), dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
seluruh guru sebanyak 30 orang. Data yang diperoleh melalui angket kemudian
dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana.
Hasil perhitungan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 0,672 yang
berada dalam rentangan 0,60-0,799 dengan kategori kuat atau tinggi. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh kuat
atau tinggi terhadap profesionalisme guru di SMA IT Granada Samarinda. Dapat
dikatakan bahwa besar pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap
profesionalisme guru adalah 45,1% dan sisanya 54,9% dipengaruhi oleh faktor
lain. Kemudian untuk menguji hipotesis penulis menggunakan perhitungan uji t
dan diperoleh hasil thitung = 4,800 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,048.
Dengan demikian berarti bahwa thitung > ttabel = 4,800 > 2,048, sehingga hipotesis
alternatif (Hα) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasrkan analisis
tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi
manajerial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di SMA IT Granada
Samarinda. | en_US |